HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA ATAU WALI MURID DENGAN KEJADIAN PEDICULOSIS CAPITIS PADA SISWA DI SD KANISIUS SENGKAN YOGYAKARTA KARYA TULIS ILMIAH

41130015, M. Shinta Frennanda (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA ATAU WALI MURID DENGAN KEJADIAN PEDICULOSIS CAPITIS PADA SISWA DI SD KANISIUS SENGKAN YOGYAKARTA KARYA TULIS ILMIAH. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41130015_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (445kB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41130015_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Infeksi parasit merupakan penyakit dengan angka kejadian cukup tinggi di negara berkembang. Salah satu penyakit yang paling sering adalah Pediculosis capitis. Pediculosis capitis adalah infestasi pada rambut dan kulit kepala yang disebabkan oleh Pediculus humanus var. Capitis. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya Pediculosis capitis yaitu pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan orang tua atau wali murid dengan kejadian Pediculosis capitis pada siswa di SD Kanisius Sengkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada Desember 2018 di SD Kanisius Sengkan. Jumlah responden sebanyak 165 orang. Didapatkan kejadian Pediculosis capitis pada siswa kelas 3, 4, dan 5 sebanyak 111 anak (67,3%). Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara tingkat pengetahuan orang tua atau wali murid dengan kejadian Pediculosis capitis (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pediculosis capitis, Pengetahuan, Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: ms Melania Putri - Keluar
Date Deposited: 14 Jul 2020 03:59
Last Modified: 22 Jun 2021 04:12
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item