PENGARUH KEPENTINGAN INVESTOR, KREDITUR, DAN PEMERINTAH TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010 – 2016

12140019, EVI SUSANTI (2018) PENGARUH KEPENTINGAN INVESTOR, KREDITUR, DAN PEMERINTAH TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010 – 2016. Bachelor thesis, Univeristas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12140019_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (709kB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12140019_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan sebagai badan usaha akan membuat laporan keuangan terutama laporan keuangan tahunan sebagai bukti hasil kinerjanya selama periode bersangkutan. Tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas perusahaan yang bermanfaat bagi sebagian besar pengguna laporan keuangan untuk mengambil keputusan ekonomik. Namun, demi tercapainya tujuan pribadi, terkadang perusahaan memberikan informasi keuangan yang tidak benar atau melakukan manipulasi yang disebut tindakan manajemen laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kepentingan investor, kreditur, dan pemerintah terhadap manajemen laba. Kepentingan investor diukur menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR), kepentingan kreditur diukur menggunakan Debt to Assets Ratio (DAR), kepentingan pemerintah diukur menggunakan Deferred Tax Liabilities (DTL), dan manajemen laba diukur menggunakan Discretionary Accruals (DA) dengan Modified Jones Model. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010 sampai dengan tahun 2016. Metode pengambilan sampel adalah dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPR dan DAR tidak berpengaruh terhadap DA, sedangkan DTL berpengaruh negatif terhadap DA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio, Debt to Assets Ratio, Deferred Tax Liabilities, dan manajemen laba
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Mr Yoshua Dwi Oktavianus Putra
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:15
Last Modified: 22 Jul 2020 02:15
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item