PEMBUATAN SISTEM ANTRIAN NIRSENTUH BERBASIS ANDROID DENGAN MEMANFAATKANNYA ANDROID SPEECH API STUDI KASUS : SISTEM ANTRIAN CABANG BANK XYZ YOGYAKARTA

72170101, Cynthia Kumalasari (2021) PEMBUATAN SISTEM ANTRIAN NIRSENTUH BERBASIS ANDROID DENGAN MEMANFAATKANNYA ANDROID SPEECH API STUDI KASUS : SISTEM ANTRIAN CABANG BANK XYZ YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72170101_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72170101_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bank XYZ merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, bank tersebut memiliki banyak nasabah yang mendatangi bank untuk melakukan transaksi. Transaksi yang dilakukan harus diawali melalui prosedur yang sudah ditetapkan, salah satunya antrian. Sistem pendaftaran antrian bank tersebut di Yogyakarta sampai sekarang masih bersifat sistem tekan tombol. Di masa pandemi ini, masyarakat sebaiknya mengurangi kontak fisik dengan fasilitas umum seperti mesin antrian. Kepala cabang bank tersebut memikirkan hal ini sejak pandemi dimulai. Maka dari itu, prototype sistem pendaftaran antrian nasabah bersifat nirsentuh mulai dibuat. Pembuatan sistem pendaftaran antrian bersifat nirsentuh dibuat dengan berbasis android. Pada penelitian ini, sistem akan diimplementasikan pada gadget peneliti (sebagai prototype). Sistem terdiri dari database, service, aplikasi android, dan aplikasi web. Aplikasi android inilah yang nantinya akan dibuat bersifat nirsentuh. Sistem dibuat menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Aplikasi android nirsentuh memanfaatkan Android Speech API (Speech Recognizer) untuk menangkap suara lalu mengkonversikan suara tersebut menjadi teks. Sistem pendaftaran antrian nirsentuh bagi nasabah berhasil dibuat. Pengujian dari user (UAT) dan pengujian keakuratan dilakukan pada aplikasi android. Pengujian keakuratan aplikasi dalam mengkonversikan suara menjadi teks menunjukkan angka 89,71% (dari 30 responden). Angka ini berarti aplikasi android sudah sangat layak digunakan untuk mendaftarkan antrian. Angka dari User Acceptance Testing untuk setiap faktor pertanyaan yang dibuat juga melebihi 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi android sudah baik. Namun aplikasi android masih dapat dikembangkan lagi dengan penerapan text-to-speech sehingga aplikasi dapat menjawab nasabah melalui suara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Speech Recognizer, Antrian, Android, SpringBoot, ReactJS, PostgreSQL, Speech-to-Text, UAT
Subjects: H Ilmu Sosial > HG Keuangan
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Ms Nadya Agatha
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:31
Last Modified: 07 Dec 2021 02:31
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6182

Actions (login required)

View Item View Item