UJI PERBANDINGAN ALGORITMA GREEDY, MINIMAX DAN MINIMAX ALPHA BETA PRUNING PADA PERMAINAN FOUR IN A SQUARE

22104846, William Adi Wibowo (2015) UJI PERBANDINGAN ALGORITMA GREEDY, MINIMAX DAN MINIMAX ALPHA BETA PRUNING PADA PERMAINAN FOUR IN A SQUARE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22104846_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22104846_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya minat berbagai kalangan dalam bermain permainan komputer/game membuat perkembangan game saat ini semakin pesat. Bermain game tidak hanya berguna untuk menghilangkan stress, namun juga dapat mengasah kemampuan berfikir, melatih logika untuk memecahkan suatu masalah. Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan salah satu teknologi komputer yang dapat diimplementasikan pada suatu game. Dalam penelitian kali ini, penulis akan mengimplementasikan beberapa algoritma kecerdasan buatan pada sebuah game. Game yang akan penulis pakai adalah Four In a Square dan algoritma yang akan dibandingkan adalah algoritma random, Greedy, Minimax, dan Minimax Alpha Beta Pruning. Setelah melakukan proses implementasi algoritma-algoritma tersebut, penulis akan membandingkan tingkat optimalisasi dari masing-masing algoritma terhadap penentuan langkah AI pada permainan Four In a Square. Aspek yang akan dibandingkan adalah tingkat kemenangan dari masing-masing algoritma. Setelah melakukan pengujian terhadap sistem, penulis memperoleh hasil bahwa algoritma Minimax memberikan hasil paling optimum dengan tingkat kemenangan sebesar 86,67%, algoritma Minimax Alpha Beta sebesar 80%, algoritma Greedy memiliki tingkat kemenangan sebesar 33,33%, sedangkan algoritma random sangat tidak optimal dalam memberi solusi langkah AI yang memberikan tingkat kemenangan sebesar 0%.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence, algoritma Greedy, Minimax, Alpha Beta Pruning, Four In a Square
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Hilaria Fortuna
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:50
Last Modified: 18 Oct 2021 01:50
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6037

Actions (login required)

View Item View Item