MOBILE MARKETING: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP TERHADAP SMS ADVERTISING (STUDI PADA MASYARAKAT DI YOGYAKARTA)

11110060, Yeremia Okky Kristian (2015) MOBILE MARKETING: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP TERHADAP SMS ADVERTISING (STUDI PADA MASYARAKAT DI YOGYAKARTA). Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11110060_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11110060_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informativeness, entertainment, credibility, dan irritation pada sikap terhadap SMS advertising. Penelitian dilakukan di Yogyakarta pada bulan September – Oktober 2014. Penelitian ini merupakan penelitian empiris kuantitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah survei pada sikap terhadap sms advertising. Untuk metode analisis data yang digunakan adalah Metode Analisis Regresi Linear Berganda, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji F, uji t dan Koefisien Determinasi. Pengujian Validitas menggunakan product moment coeffient of correlation dan untuk pengujian reliabilitas menggunakan cronbach alpha (α). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Skala pengukuran data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Metode sampling yang digunakan adalah metode judgemental sampling (purposive sampling). Total sampel atau responden yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 orang. Batasan wilayah penelitian ini difokuskan pada wilayah Yogyakarta. Deskripsi responden penelitian ini adalah sebagian besar responden adalah laki-laki (53%); usia antara 20-23 tahun (31%); tingkat pendidikan SMU/Sederajat (50%); pekerjaan saat ini mahasiswa (54%); lama penggunaan handphone lebih dari 4 tahun (94%); dan total penerimaan sms advertising lebih dari 15 kali (61%). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa informativeness dan irritaion berpengaruh signifikan pada sikap terhadap SMS advertising di Yogyakarta. Akan tetapi informativeness berpengaruh secara positif, sedangkan irritation berpengaruh secara negatif. Entertainment dan credibility berpengaruh positif tetapi tidak signifikan pada sikap terhadap SMS advertising. Koefisien determinasi Adjusted R Square = 0.462 berarti variasi yang terjadi pada Sikap terhadap SMS advertising; 46,2% dapat dijelaskan oleh informativeness, entertainment, credibility, dan irritation. Sedangkan sisanya sebesar 53,8% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang belum tercakup dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: attitude, SMS advertising, informativeness, entertainment, credibility, dan irritation.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Ms Hilaria Fortuna
Date Deposited: 24 Sep 2021 07:45
Last Modified: 24 Sep 2021 07:45
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5975

Actions (login required)

View Item View Item