PENGEMBANGAN ADVENTURE GAME UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN DENGAN PENDEKATAN USER-CENTERED DESIGN

22104934, Brasmasti Pramudyawardani (2014) PENGEMBANGAN ADVENTURE GAME UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN DENGAN PENDEKATAN USER-CENTERED DESIGN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22104934_bab1_bab5-daftarpustaka.pdf

Download (392kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22104934_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mencoba merumuskan elemen aplikasi permainan yang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi permainan dan pembelajaran untuk anak usia 4-6 tahun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah User-centered Design. Dalam pendekatan ini dilakukan diskusi pakar, pengamatan terhadap anak dengan aplikasi permainan yang biasa dimainkan, kuisioner untuk menentukan kebutuhan aplikasi, perancangan dan evaluasi prototipe, dan pembangunan produk akhir. Pengamatan dan pengujian pada penelitian ini dilakukan di TK Ceria Demangan Baru Yogyakarta dengan responden 30 anak. Dari penelitian ini diketahui bahwa elemen visual adalah elemen yang dapat membuat aplikasi permainan menarik bagi anak. Elemen visual harus memiliki visualisasi yang lucu dan berwarna-warni. Elemen kontrol, audio, dan feedback juga merupakan elemen yang penting untuk diperhatikan untuk memudahkan anak dalam menggunakan aplikasi permainan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: elemen antarmuka, game, user-centered design, anak
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Nadya Agatha
Date Deposited: 06 Oct 2021 02:51
Last Modified: 06 Oct 2021 02:51
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5864

Actions (login required)

View Item View Item