VISUALISASI DESAIN INTERIOR RUMAH DENGAN VIRTUAL REALITY MODELING LANGUAGE (VRML)

22084556, Rabin Sonata Carlo Munthe (2014) VISUALISASI DESAIN INTERIOR RUMAH DENGAN VIRTUAL REALITY MODELING LANGUAGE (VRML). Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22084556_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (359kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22084556_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Visualisasi adalah bentuk penyampaian informasi yang digunakan untuk mempresentasikan sesuatu dengan gambar atau animasi. Saat penelitian ini dibuat, beberapa desainer interior masih menggunakan konsep konvensional di atas kertas berupa foto atau gambar untuk mempresentasikan desain interior sehingga klien tidak dapat melihat detail interior secara 360° dan menjadi kurang efektif. Beberapa aplikasi grafis memiliki antarmuka yang tidak friendly karena sebagian besar aplikasi grafis menggunakan antarmuka dan simbol yang dikhususkan untuk pengguna yang mengerti konsep rancang bangun. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti membangun sistem visualisasi yang dapat menampilkan objek-objek interior 3-dimensi secara 360° supaya pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan objek-objek interior dengan fitur memutar, menggeser atau berjalan ke setiap sudut ruangan dan pengguna dapat mengganti warna cat ruangan. Dalam penelitian ini penulis mengimplementasikan metode Usability Testing untuk mengukur evaluasi aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Usability Testing dalam pembuatan aplikasi visualisasi interior rumah 3-dimensi, sehingga aplikasi yang dibangun dapat memenuhi tingkat kepuasan, kegunaan, kemudahan penggunaan, dan kemudahan untuk dipelajari bagi pengguna. Dalam melakukan penelitian, penulis melakukan pengumpulan data kebutuhan aplikasi dari sumber-sumber tertulis, dosen arsitek, dan para partisipan mahasiswa arsitektur dan desain produk. Setelah aplikasi visualisasi dirancang, penulis kemudian melakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat kegunaan, kemudahan mempelajari, kemudahan penggunaan dan kepuasan aplikasi bagi partisipan. Beberapa masukan yang diberikan oleh partisipan diimplementasikan kembali pada aplikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi visualisasi interior rumah 3-dimensi ini sangat mudah untuk dipelajari.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Subjects: N Seni Rupa > Ilustrasi Desain gambar
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi > Sumber-sumber Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Nadya Agatha
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:39
Last Modified: 20 Sep 2021 02:39
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5839

Actions (login required)

View Item View Item