IMPLEMENTASI VIRTUAL R EALITY DENGAN FINGERTIP TRACKING UNTUK PERMAINAN 'PONG'

22104941, Yosaphat Carlo Wardhana (2014) IMPLEMENTASI VIRTUAL R EALITY DENGAN FINGERTIP TRACKING UNTUK PERMAINAN 'PONG'. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22104941_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22104941_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permainan video merupakan salah satu jenis permainan yang diminati pada masa kini, terutama di kalangan remaja. Beberapa permainan lama sudah banyak yang ditinggalkan dikarenakan memiliki gameplay yang ‘kalah’ bila dibandingkan permainan-permainan yang lebih baru. Untuk menangani hal itu, akan lebih baik bila permainan-permainan lama itu dikembangkan dengan menggabungkan metode baru. Untuk mengatasi masalah di atas, penulis menggabungkan sebuah permainan lama, Pong, dnegan metode virtual reality sederhana sebagai pengembangan gameplay. Paddle Pong akan diganti dengan menggunakan input dari tangan pemain yang ditangkap melalui webcam. Citra tangan tersebut kemudian akan diproses untuk perhitungan serta pergerakan paddle. Pengembangan menggunakan algoritma segmentasi, distance transform, dan Euclidean distance menghasilkan deteksi ujung jari yang cukup akurat namun memiliki beberapa kondisi ideal dalam jarak tangan dengan webcam, kondisi ruangan, serta cahaya. Pada sistem ini hanya satu ujung jari yang dapat dideteksi menggunakan 3 algoritma itu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Nadya Agatha
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:05
Last Modified: 08 Sep 2021 03:05
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5805

Actions (login required)

View Item View Item