“KAMU, SAHABATKU” SUATU UPAYA MEMAHAMI YOH. 15:9-17 DARI LENSA SPIRITUALITAS BIBLIS MENURUT SANDRA M. SCHNEIDERS

01140040, RUT SHALOOMI LAKAMAL (2018) “KAMU, SAHABATKU” SUATU UPAYA MEMAHAMI YOH. 15:9-17 DARI LENSA SPIRITUALITAS BIBLIS MENURUT SANDRA M. SCHNEIDERS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01140040_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01140040_bab2-sd-bab4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebuah spiritualitas sejatinya berasal dari kitab suci dan kemudian dikembangkan dalam perkembangan sejarah Kristen. Namun sering kali spiritualitas yang ada dalam alkitab sering kali dilupakan dan lebih berfokus pada penggalian teologis. Padahal yang berdaya transformasi adalah melalui spiritualitas teks. Berangkat dari realita ini kemudian Schneiders mengemukakan teorinya yaitu spiritualitas biblis sebagai sebuah upaya penggalian spiritualitas dalam teks alkitab, dengan tujuan untuk mentransformasi. Penggalian ini dapat berupa sebuah bentuk doa yaitu melalui Lectio Divina, tapi juga dapat berupa sebuah metode penafsiran. Bila merujuk pada penafsiran maka pendekatan yang disarankan oleh Schneiders ini terdiri dari empat tahap, yaitu interogasi historis, kritik sastra, analisa teologis, dan puncaknya yaitu unsur spiritualitas. Empat tahapan ini yang kemudian saya pakai dalam menafsirkan Yoh. 15:9-17 dalam membaca relasi Yesus dan murid-murid yang Ia sebut sebagai sahabatNya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas Biblis, Teologis Biblis, Transformasi, Interpretasi, Teologis, Spiritualitas, PB, Injil Yohanes, Pewahyuan, Kasih, Komunitas Johannine.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: mr Kristofer Bayu Pamungkas - Resign
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:59
Last Modified: 25 Jun 2020 03:59
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item