PANDANGAN DUNIA MENURUT NIETZSCHE DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEKRISTENAN ANALISA TERHADAP NIETZSCHE DAN TEKS 2 PETRUS 3:1-16

01140039, JOHANES KRISTIAN AREVALO (2018) PANDANGAN DUNIA MENURUT NIETZSCHE DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEKRISTENAN ANALISA TERHADAP NIETZSCHE DAN TEKS 2 PETRUS 3:1-16. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01140039_bab1_bab4_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01140039_bab2-sd-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)

Abstract

Perkembangan manusia sampai abad 19 masih didominasi oleh pola pemikiran yang bersifat fiksatif. Kekristenan dan saintifik yang sempat mendominasi peradaban Eropa memberikan suatu nilai kepada manusia yang bersifat fiksatif. Nietzsche sebagai anak zamannya yang didominasi oleh Kekristenan dan saintifik merasa bahwa kehendak untuk mempercayai doktrin secara fiksatif adalah kemerosotan peradaban manusia. Nietzsche yang memahami ‘gejala penyakit’ dari situasi zamannya mencoba untuk mengatasi kemerosotan manusia yakni dengan memberikan suatu pandangan tentang dunia dan sikap manusia dihadapan realitas. Adapun Kekristenan memandang dunia sebagai dunia yang tidak kekal, sedangkan saintifik memandang dunia sebagai objek sehingga ia mengeksploitasi dunia. Maka, menarik melihat bagaimana Nietzsche mengembangkan pandangannya mengenai dunia dan bersikap dihadapan realitas untuk mengkritik Kekristenan dan saintifik sebagai faktor kemerosotan manusia. Selain itu, menarik juga melihat bagaimana relevansi pemikiran Nietzsche terhadap Kekristenan sebab hal ini tentu dapat membantu manusia untuk menghayati gerak pewahyuan Allah yang tidak pernah berhenti (seperti paham dunia baru dalam 2 Petrus 3).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dunia Material, Dunia Baru, Sikap Mencintai Kehidupan, Kehendak Kuat, Genealogi, Nihilisme, Kekristenan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: mr Kristofer Bayu Pamungkas - Resign
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:57
Last Modified: 25 Jun 2020 02:57
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item