IMPLEMENTASI METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) UNTUK PENGENALAN AKSARA JONTAL SUMBAWA

22084630, Marcellinus Adven Addy Putra (2014) IMPLEMENTASI METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) UNTUK PENGENALAN AKSARA JONTAL SUMBAWA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22084630_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (395kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22084630_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Sumbawa memiliki huruf daerah yang digunakan untuk menulis bahasa asli masyarakat Sumbawa yaitu aksara Jontal, namun saat ini aksara tersebut sudah mulai ditinggalkan masyarakat. Sistem pengenalan aksara Jontal merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan dalam melestarikan salah satu budaya yang ada di Sumbawa. Sistem pengenalan aksara tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan (JST). Proses pengenalan aksara Jontal Sumbawa dimulai dari mengubah gambar hasil scan menjadi grayscale, monokrom, crop, resize, dan simpan. Kemudian data dilakukan pelatihan dengan menggunakan Learning Vector Quantization (LVQ). Selanjutnya dilakukan pengenalan terhadap aksara Jontal Sumbawa. Banyaknya pola aksara yang hampir memiliki kesamaan bentuk hal ini mempengaruhi proses pelatihan sehingga memiliki bobot yang hampir sama pula. Bobot yang hamper sama itu pula mempengaruhi proses pengenalan pada aksara Jontal Sumbawa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Learning Vector Quantization(LVQ), pengenalan aksara, aksara Jontal Sumbawa
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Nadya Agatha
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:30
Last Modified: 31 Aug 2021 04:30
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5747

Actions (login required)

View Item View Item