IMPLEMENTASI ALGORITMA A* PADA PENYELESAIAN PERMAINAN USER COSTUMIZED MAZE

22074273, Nicolas Novendra Sadharmawan (2014) IMPLEMENTASI ALGORITMA A* PADA PENYELESAIAN PERMAINAN USER COSTUMIZED MAZE. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22074273_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Informatika)
22074273 _bab2-sd-bab4_lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permainan maze atau labirin adalah permainan puzzle yang memiliki jalur-jalur yang bercabang dan mengharuskan pemain untuk mencari rute yang benar dari jalur-jalur ini untuk dapat mencapai target. Dewasa ini, permainan maze tersebut banyak diadaptasi menjadi permainan digital (game). Pada permainan maze di komputer, pemain akan mencari jalur untuk mencapai target tertentu. User Costumized Maze yang dibuat penulis merupakan salah satu contoh permainan maze yang meminta pemain untuk merancang kembali map maze yang digunakan dalam permainan. Agen cerdas dalam permainan ini akan mencoba mencari jalan keluar pada map maze yang telah dimodifikasi tersebut. Selain itu User Costumized Maze yang dibuat penulis, memungkinkan agen cerdas untuk memiliki lebih dari satu jenis tujuan (goal). Dengan kata lain, agen cerdas dalam permainan ini harus bisa memenuhi multi kriteria goal yang diberikan. Penyelesaian maze yang sudah dimodifikasi oleh pemain, dilakukan komputer dengan mencari jalur terpendek menuju target secepat mungkin dengan score sebanyak mungkin. Salah satu algoritma yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permainan maze ini adalah algoritma A*. Algoritma A* merupakan salah satu algoritma pencarian yang menggunakan heursitik sebagai pedoman pencarian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan algoritma A* dalam menyelesaikan permainan User Costumized Maze. Dalam penelitian ini, penulis membangun sebuah permainan dengan mengimplementasikan algoritma A* dan mengembangkan nilai heuristiknya, agar dapat digunakan untuk menyelesaikan permainan User Costumized Maze. Melalui proses evaluasi yang dilakukan penulis terhadap sistem yang dibangun, dapat diambil kesimpulan bahwa algoritma A* yang telah diimplementasikan, dapat digunakan dalam menyelesaikan permainan User Costumized Maze.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: maze, pathfinding, heuristic, algoritma A*.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Nadya Agatha
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:41
Last Modified: 01 Sep 2021 02:41
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5701

Actions (login required)

View Item View Item