KAJIAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK SOSIAL, EKONOMI DAN LINGKUNGAN DARI KEGIATAN WISATA DI KE’TE KESU, TANA TORAJA.

31150080, JULYANDANI PRATIWI MUNTHE (2019) KAJIAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK SOSIAL, EKONOMI DAN LINGKUNGAN DARI KEGIATAN WISATA DI KE’TE KESU, TANA TORAJA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Biologi)
31150080_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (922kB)
[img] Text (Skripsi Biologi)
31150080_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman maka muncul konsep ekowisata berbasis masyarakat yang diharapkan memberikan pengaruhterhadap aspek-aspek seperti ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk masyarakat lokal dan minimalisir dampak negatif. Salah satu kegiatan wisata yang berada di Desa Wisata Panta’nakan Lolo adalah obyek wisata Ke’te Kesu yang merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki potensi sumber daya alam dan budaya yang unik. Meskipun demikian, penelitian mengenai pengaruh positif dan negatif kegiataan wisata terhadap lingkungan dan sosio-ekonomi masyarakat berdasarkan sudut pandang ekowisata diperlukan agar menjadi rekomendasi untuk pengembangan Desa Wisata Panta’nakan Lolo yang baru saja berkembang. Metode dalam Penelitian untuk mendapatkan data dan informasi melalui observasi secara umum dan juga dengan penilaian cepat dampak lingkungan, kuesioner dan wawancara mendalam kepada responden, serta Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan diskusi dari masyarakat lokal dan pengelola. Dari data yang diperoleh hasil menunjukkan bahwa obyek wisata Ke’te Kesu membawa pengaruh positif bagi masyarakat lokal dari aspek ekonomi, sosial dan lingkungan, namun beberapa hal menjadi perhatian karena pengelolaan yang kurang optimal, sehinggadinas pariwisata, pengelola maupun masyarakat lokal diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan yang masih kurang optimal dan mempertahankan pengelolaan yang sudah positif serta dapat menjadi contoh obyek wisata yang baik dan memenuhi prinsip ekowisata.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Ke’te Kesu, Aspek ekonomi, Aspek sosial, Aspek lingkungan, Ekowisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Bioteknologi > Prodi Biologi
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 27 Mar 2020 14:10
Last Modified: 27 Mar 2020 14:10
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item