POTENSI BERBAGAI EKSTRAK TANAMAN KELAS MAGNOLIOPSIDA SEBAGAI AGEN ANTIBAKTERI PADA SEDIAAN FOOT LOTION PENCEGAH BAU KAKI

31150079, ANGGITA ARVINANDITA (2019) POTENSI BERBAGAI EKSTRAK TANAMAN KELAS MAGNOLIOPSIDA SEBAGAI AGEN ANTIBAKTERI PADA SEDIAAN FOOT LOTION PENCEGAH BAU KAKI. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Biologi)
31150079_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (943kB)
[img] Text (Skripsi Biologi)
31150079_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bau kaki merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh aktivitas bakteri. Spesies bakteri yang sering menjadi penyebab utama bau pada kaki yaitu bakteri Staphylococcus epidermidis dan kelompok bakteri Coryneform. Dilaporkan bahwa terdapat beberapa ekstrak tanaman kelas Magnoliopsida yang memiliki aktivitas antibakteri yang kuat seperti Cinnamomum burmanii (kayu manis), Cymbopogon nardus (serai wangi), Garcinia mangostana (manggis), dan Piper betle (sirih hijau). Pada penelitian ini dilakukan pembuatan produk lotion anti bau kaki dari berbagai kombinasi ekstrak tanaman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penambahan berbagai kombinasi ekstrak tanaman terhadap kualitas produk lotion anti bau kaki (foot lotion). Kombinasi yang digunakan juga diuji aktivitas antibakteri serta konsentrasi hambat minimum terhadap bakteri Staphylococcus epidermidis dan konsorsium bakteri penyebab bau kaki. Pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi sumuran dan MIC. Ekstrak tanaman dengan daya hambat tertinggi akan diformulasikan menjadi foot lotion. Produk akan diuji efektivitas kualitasnya dilihat dari perbandingan jumlah bakteri pada kaki (CFU/ml) sebelum dan sesudah penggunaan produk, serta pengamatan sifat dan tampilan fisik. Produk foot lotion yang dihasilkan memiliki pH 5-6, daya lekat 47,56 – 178,13 detik dan menunjukkan aktivitas antibakteri yang tergolong kuat karena dapat menghambat dan mengurangi pertumbuhan bakteri. Produk foot lotion memiliki tampilan fisik yang baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk foot lotion yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bau kaki, Ekstrak tanaman, Foot Lotion, Staphylococcus epidermidis.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Bioteknologi > Prodi Biologi
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 27 Mar 2020 14:07
Last Modified: 27 Mar 2020 14:07
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item