EFEKTIVITAS SISTEM CONSTRUCTED WETLAND SEBAGAI TERTIARY TREATMENT DALAM MENURUNKAN TOTAL COLIFORM LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA

31150071, YOHANI APRILIA SELAN (2019) EFEKTIVITAS SISTEM CONSTRUCTED WETLAND SEBAGAI TERTIARY TREATMENT DALAM MENURUNKAN TOTAL COLIFORM LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Biologi)
31150071_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Biologi)
31150071_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Limbah cair rumah sakit merupakan limbah yang cukup banyak dihasilkan dari aktivitas rumah sakit yang meliputi limbah cair domestik, klinis, laboratorium dll. Berdasarkan karakteristiknya limbah cair rumah sakit mengandung banyak senyawa kimia dan mikroorganisme pathogen berupa coliform yang berbahaya jika langsung dibuang ke lingkungan. Umumnya saat ini pihak rumah sakit telah melakukan proses pengolahan limbah, diantaranya yaitu dengan menggunakan senyawa klorin pada tahap tertiary treatment sebagai disinfektan sehingga dapat menurunkan total coliform. Penggunaan senyawa klorin telah terbukti dapat menurunkan total coliform, namun jika jumlah senyawa klorin yang digunakan tidak tepat maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan sistem constructed wetland dengan menggunakan tanaman Typha angustifolia sebagai tertiary treatment untuk menurunkan total coliform pada limbah cair rumah sakit. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu tingkat efisiensi penurunan total coliform pada limbah cair rumah sakit yaitu sebesar 98,75%. Selain itu dengan sistem ini juga dapat menurunkan kadar padatan tersuspensi (TSS) dalam limbah cair sebesar 78,31%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Constructed wetland, Typha angustifolia, Total Coliform, Limbah cair rumah sakit.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Bioteknologi > Prodi Biologi
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 27 Mar 2020 14:05
Last Modified: 27 Mar 2020 14:05
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item