IMPLEMENTASI BUSINESS PROCESS IMPROVMENT UNTUK MENINGKATAN KUALITAS LAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT STUDI KASUS: RUMAH SAKIT BETHESDA LEMPUYANGWANGI

72130016, Rosalina (2019) IMPLEMENTASI BUSINESS PROCESS IMPROVMENT UNTUK MENINGKATAN KUALITAS LAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT STUDI KASUS: RUMAH SAKIT BETHESDA LEMPUYANGWANGI. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72130016_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (554kB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72130016_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih banyak dijumpai dalam pelayanan kesehatan. Hal ini diakibatkan oleh proses pendaftaran pasien yang masih manual untuk pemeriksaan rawat jalan di rumah sakit. Proses pendaftaran yang belum terintegrasi secara online mengakibatkan pendaftaran menjadi tidak efisien serta ketidakpuasan terhadap layanan. Demikian yang terjadi di RS Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta Jumlah pasien di rumah sakit yang selalu meningkat setiap harinya mengakibatkan antrian yang cukup panjang untuk melakukan proses pendaftaran. Pasien harus berada di rumah sakit dengan waktu yang kurang jelas. Penulis menganalisa dan merancang infrastruktur sistem yang dibangun dengan tahapan analisis meliputi analisis kelemahan sistem yang ada dan analisis kebutuhan sistem, desain atau perancangan, dan perancangan interface, kode dan pengetesan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan phpMyAdmin sebagai pengelola database serta adsmedia untuk menjembatani SMS gateway, berlanjut pada tahap penerapan dan pemeliharaan. Oleh karena itu perlu dibuat suatu sistem informasi pendaftaran pasien rawat jalan berbasis web untuk meningkatkan proses kinerja rumah sakit yang semula manual menjadi terkomputerisasi yang akan menghasilkan laporan yang lebih terinci. Serta, pasien akan mendapat informasi yang cukup jelas mengenai pendaftaran dan pelayanan dokter serta dapat melakukan pendaftaran menggunakan hanphone dan juga dapat dilakukan secara online melalu internet.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, kualitas pelayanan, efisiensi waktu.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: ms Dominggas Yembise - Keluar
Date Deposited: 20 Nov 2020 07:31
Last Modified: 29 Jun 2021 01:42
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item