PENDETA DAN PELAYANAN: TINJAUAN TEOLOGI EMPIRIS/TENTANG PELAYANAN PENDETA GBKP DI KLASIS SINABUN

01130046, PEBRIANIKA BR KARO (2018) PENDETA DAN PELAYANAN: TINJAUAN TEOLOGI EMPIRIS/TENTANG PELAYANAN PENDETA GBKP DI KLASIS SINABUN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01130046_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (938kB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01130046_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy

Abstract

Pendeta merupakan jabatan yang penting dalam gereja termasuk GBKP di Klasis Sinabun. Di mana pendeta memiliki tugas dan tanggung jawab utama dalam pelayanan di jemaat, yakni mengajar, berkhotbah, membimbing, mengorganisasi, dan merayakan. Dalam menjalankan tugas jabatan tersebut pendeta tidak hanya mempersiapkan diri dengan latihan-latihan profesionalisme saja, melainkan ada hal penting yakni mempersiapkan diri dengan latihan-latihan spiritualitas. Profesionalitas memang tidak pernah bisa dipisahkan dari spiritualitas karena keduanya haruslah berjalan bersamaan dalam pelayanan seorang pendeta. Dengan demikian seorang pendeta dapat menjadi seorang pelayan yang mampu memberi diri dan hidupnya kepada pelayanannya. Maka dari itu spiritualitas seorang pelayan menjadi penting dalam kesuksesan menjalankan tugas pelayanan tersebut. berdasarkan pernyataan di atas, menarik bagi penulis untuk mengetahui bagaimana pendeta GBKP di Klasis Sinabun memaknai sebuah pelayanan yang dijalankannya. Untuk mengetahui hal tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan penelitian dilakukan berdasarkan lima tugas utama seorang pelayan yang dipaparkan pleh Henri J. M. Nouwen, yaitu mengajar, berkhotbah, membimbing, mengorganisasi, dan merayakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Pendeta, Teologi Jabatan, Tugas Pelayanan, Tugas Mengajar, Tugas Berkhotbah, Tugas Membimbing, Tugas Mengorganisasi, Tugas Merayakan, Spiritualitas, Profesionalisme, Spiritualitas Panggilan, Gereja, Penelitian Kualitatif, GBKP Klasis Sinabun.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BX Christian Denominations
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: Ms Claresta Erlinda
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:13
Last Modified: 30 Jun 2020 04:13
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item