MERAYAKAN KERAPUHAN BERSAMA : SEBUAH UPAYA EVALUASI TERHADAP PENGGUNAAN TEORI TEOLOGI PASTORAL POSKOLONIAL MENURUT MELINDA MCGARRAH SHARP DALAM MEMBACA KISAH-KISAH ORANG TIONGHOA INDONESIA

01140015, JEANNETTE JOSEPHINE MINTAROJO (2018) MERAYAKAN KERAPUHAN BERSAMA : SEBUAH UPAYA EVALUASI TERHADAP PENGGUNAAN TEORI TEOLOGI PASTORAL POSKOLONIAL MENURUT MELINDA MCGARRAH SHARP DALAM MEMBACA KISAH-KISAH ORANG TIONGHOA INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01140015_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (900kB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01140015_bab2-sd-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proses memahami realita yang ada di sekitar manusia tertuang dalam kisah-kisah kehidupan yang dituturkan tiap orang untuk merangkai narasi kehidupan yang dapat dipahami dan menonjolkan pengalaman-pengalaman hidup yang signifikan serta bermakna bagi keberadaan diri di tengah komunitas. Proses memahami itu tak dapat mengabaikan ketegangan antara kesepemahaman dan kesalahpahaman yang perlu dihargai, sebab memutlakan pemahaman, yang berarti juga memutlakkan kisah yang dominan dalam memaknai keberadaan diri maupun komunitas, dapat berujung pada pembungkaman kisah-kisah yang dianggap mengganggu rangkaian sejarah sebagaimana diinginkan oleh para penguasa. Tindakan membungkam termasuk di dalamnya melupakan kisah-kisah tertentu dapat ditemukan dalam narasi kehidupan mengenai orang Tionghoa Indonesia. Melalui narasi kehidupan, pemulihan manusia dari penderitaan akibat pembungkaman kisah-kisah yang membentuk hidupnya itu mengalami dinamika antara kesalahpahaman dan kesepemahaman. Dewasa ini, upaya berteologi pastoral yang hadir dalam penderitaan manusia dan terlibat melalui upaya pemulihan berkembang dengan memanfaatkan perspektif poskolonial untuk menguak upaya berteologi serta posisi pastor di tengah kemungkinan kesalahpahaman dan kesepemahaman. Upaya berteologi pastoral poskolonial tersebut diprakarsai oleh Melinda McGarrah Sharp yang turut mengundang analisis terhadap kisah-kisah kesalahpahaman orang Tionghoa Indonesia sebagaimana diupayakan dalam tulisan ini. Terhadap upaya yang demikian, model pemulihan partisipatoris menjadi mungkin oleh karena sifat dasar manusia yang berbagi dalam kerapuhan bersama dan perlu untuk menerima serta merayakan kerapuhannya itu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Teologi Pastoral Poskolonial, Melinda McGarrah Sharp, Tionghoa Indonesia, Kisah-kisah, Narasi, Kerapuhan bersama, Allah yang Rapuh, Allah yang berbagi dalam kerapuhan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: mr Kristofer Bayu Pamungkas - Resign
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:35
Last Modified: 24 Jun 2020 03:35
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item