PENYELESAIAN PERMAINAN SUDOKU DENGAN ALGORITMA DANCING LINKS

22074219, Stevanus Andrea Setiawan (2011) PENYELESAIAN PERMAINAN SUDOKU DENGAN ALGORITMA DANCING LINKS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22074219_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (325kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22074219_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permainan sudoku merupakan salah satu dari sekian banyak permainan yang menggunakan logika dalam pemecahannya. Walaupun peraturan pada permainan sudoku relatif mudah, namun permainan sudoku tidak selalu dapat diselesaikan dengan mudah. Oleh karena itu, diperlukan suatu teknik untuk dapat menyelesaikan permainan sudoku. Dengan teknik tersebut, manusia dapat terbantu dan mendapatkan penyelesaian dari sebuah permainan sudoku. Algoritma dancing links merupakan sebuah algoritma yang dibuat oleh Donald Knuth untuk mencari penyelesaian permainan menggunakan papan, salah satunya sudoku. Algoritma ini akan mengubah sebuah papan sudoku menjadi matrix yang berisi node-node tertentu, dan mencari penyelesaian berdasarkan informasi yang dimiliki oleh node-node tersebut. Algoritma dancing links dapat diimplementasikan ke dalam sistem dan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada permainan sudoku 4x4 dan 9x9. Sistem yang dibuat dapat menyelesaikan sebuah permainan dengan cepat, namun sistem juga memiliki kelemahan, yaitu tidak semua soal sudoku 9x9 dapat diselesaikan oleh sistem.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Nadya Agatha
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:02
Last Modified: 18 Aug 2021 03:02
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5381

Actions (login required)

View Item View Item