PENGARUH PERBEDAAN MEDIA TANAM TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAMAN SELADA HIJAU (Latuca sativa) DAN IKAN NILA HITAM (Orechromis niloticus) DALAM SISTEM AQUAPONIK

31150043, Emmanuel Satrio Christiandi (2019) PENGARUH PERBEDAAN MEDIA TANAM TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAMAN SELADA HIJAU (Latuca sativa) DAN IKAN NILA HITAM (Orechromis niloticus) DALAM SISTEM AQUAPONIK. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Biologi)
31150043_bab1_bab4_daftarpustaka.pdf

Download (379kB)
[img] Text (Skripsi Biologi)
31150043_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy

Abstract

Aquaponik merupakan sebuah sistem agrikultur berkelanjutan yang mengintegrasikan dua komponen, yaitu aquakultur dan hidroponik. Aquaponik dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas dalam bidang agrikultur. Dalam menjalankan sistem aquaponik diperlukan media tanam yang berperan sebagai pendukung pertumbuhan tanaman dengan cara menjadi tempat tinggal mikroorganisme yang dapat menyediakan nutrisi bagi tanaman. Terdapat berbagai jenis media tanam yang dapat digunakan dalam sistem aquaponik. Oleh karena itu kajian potensi berbagai media tanam terhadap produktivitas tanaman dan ikan perlu dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Desa Bandung, Gunung Kidul pada 24 Maret – 8 Mei 2019 dengan menggunakan tiga jenis media tanam (Hidroton, batu apung dan batu zeolit) untuk melihat pengaruhnya terhadap produktivitas tanaman selada hijau dan ikan nila hitam. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa perbedaan media dapat mempengaruhi produktivitas selada hijau secara signifikan. Perlakuan dengan batu zeolit memiliki hasil yang tertinggi dengan berat basah akhir 12,1814 gram. Perbedaan media tanam tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ikan nila hitam, namun secara kualitatif hasil akhir berat ikan paling baik terdapat pada perlakuan dengan batu zeolit. Perbandingan yield sistem aquaponik menunjukkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan sistem lain (hidroponik dan konvensional), sehingga sistem aquaponik memiliki potensi ekonomi yang lebih besar jika dibandingkan dengan sistem hidroponik dan konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Aquaponik, Selada Hijau, Ikan Nila, Produktivitas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Bioteknologi > Prodi Biologi
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 27 Mar 2020 13:05
Last Modified: 15 Jun 2021 03:09
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item