PENERAPAN ALGORITMA DEPTH FIRST SEARCH PADA PERMAINAN NURIKABE

22053960, Adi Gunawan Purba (2011) PENERAPAN ALGORITMA DEPTH FIRST SEARCH PADA PERMAINAN NURIKABE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22053960_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (347kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22053960_bab2 -sd- bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu aplikasi game yang membutuhkan logika adalah nurikabe. Selain menyenangkan untuk dimainkan, permainan ini juga menuntut user untuk menggunakan logika untuk mencari solusi dengan aturan yang sedikit rumit. Dalam permainan nurikabe ini sistem akan menampilkan kotak putih sesuai dengan ukuran papan permainan, dengan beberapa kotak di beri angka sebagai petunjuk untuk mengidentifikasi penentuan kotak berwarna hitam dan kotak berwarna putih. Solusi dari permainan nurikabe ini adalah ketika jumlah kotak putih sesuai dengan angka yang tertera di kotak putih dan sisa kotak lainya diberi warna hitam dengan mengikuti aturan dari game ini. Banyak algoritma yang dapat dipakai untuk menyelesaikan permainan nurikabe ini. Salah satunya adalah algoritma depth first search. Algoritma depth first search akan melakukan pencarian kesemua anaknya sebelum dilakukan pencarian ke node-node yang selevel. Jika pada tahap pencarian pencarian solusi pada node-node anak menemui jalan buntu maka akan dilanjutkan dengan melacak ke belakang atau backtracking. Pada permainan nurikabe penerapan algoritma depth first search dilakukan berdasarkan peletakan kotak hitam hingga ditemukannya solusi. Hasil dari percobaan yang dilakukan algoritma depth first search dapat diterapkan dalam pencarian solusi penyelesaian permainan nurikabe, dengan catatan soal mempunyai penyelesaian. Serta tipe soal menentukan banyaknya eksplorasi node dan backtracking dalam pencarian solusi. Tipe soal di pengaruhi oleh tiga faktor yaitu susunan angka, besarnya nilai angka yang menunjukkan kotak putih termasuk banyaknya angka dan jumlah dari semua angka yg ada disatu soal, serta aturan jumlah kotak putih sesuai dengan angka selalu terpenuhi.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Nadya Agatha
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:50
Last Modified: 18 Aug 2021 02:50
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5340

Actions (login required)

View Item View Item