ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP TOKO AMIGO GROUP

11094820, Muhammad Thohir (2013) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP TOKO AMIGO GROUP. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11094820_babawal_daftarpustaka.pdf

Download (558kB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11094820_babisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bisnis ritel tidak hanya menjual produk atau barang saja tetapi juga pelayanan kepada para pelanggannya. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan adalah kunci strategi pemasaran yang sukses. Kepuasan pelanggan diharapkan menghasilkan loyalitas perusahaan dan terjadinya pembelian ulang. Kepuasan adalah perasaan senang atau kekecewaan yang diterima setelah menerima pelayanan. Dengan demikian, kepuasan pelanggan adalah merupakan faktor kunci untuk memenangkan persaingan, khususnya dalam era persaingan dalam bisnis yang semakin kompetitif dan perilaku konsumen sangat penting dalam menentukan pembelian. Pemahaman kebutuhan dan keinginan konsumen adalah sesuatu yang sangat penting dan harus dipertimbangkan oleh semua perusahaan dalam rangka untuk mencapai keberhasilan dalam pemasaran jasa mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dan tingkat kepentingan dalam strategi bauran ritel dilaksanakan oleh Toko Amigo Group (Amigo Klaten, Amigo Pedan, Bimbo Delanggu dan Granada Delanggu). Hipotesis dari penelitian ini adalah penerapan bauran ritel toko Amigo Group dapat memenuhi tingkat kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan metode survey menggunakan kuesioner kepada responden. Sampel dipilih dari pelanggan yang pernah menggunakan jasa Amigo Klaten, Amigo Pedan, Bimbo Delanggu dan Granada Delanggu, sehingga sampel ini diharapkan menjadi wakil dari semua kelompok pelanggan Toko Amigo Group. Metode analisis penelitian yang digunakan uji statistik seperti uji validitas dan reliabilitas, analisis prosentase, dan analisis indeks kepuasan pelanggan (CSI). Berdasarkan hasil analisis CSI, hasil penelitian menunjukkan bahwa Amigo Klaten memiliki nilai CSI di 548,02, untuk Amigo Pedan memiliki 521,26, untuk Bimbo Delanggu memiliki 545,19 dan untuk Granada Delanggu memiliki 548,23. Namun, pelanggan secara keseluruhan merasa puas terhadap keempat toko ini, ini didasarkan pada kisaran CSI yang telah ditentukan. Hasil analisis menunjukkan prosentase Amigo Klaten bahwa respondennya terdiri dari laki-laki 71%, 51% usia antara 21-30 tahun, 51% swasta, 45% pendidikan maksimal SMA , dan 76% pendapatan maksimal Rp.1.000.000. Dan hasil analisis menunjukkan prosentase Amigo Pedan bahwa respondennya terdiri dari laki-laki 53%, 42% usia antara 21-30 tahun, pengusaha 28%, 80% pendidikan maksimal SMA, dan 49% pendapatan maksimal Rp. 1.000.000. Sedangkan untuk hasil analisis prosentase Bimbo Delanggu dan Granada Delanggu menunjukkan bahwa respondennya terdiri dari laki-laki 73%, 41% berusia antara 21-30 tahun, wiraswasta 30%, 55% pendidikan maksimal SMA, dan 38% pendapatan maksimal Rp. 1.000.000.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Layanan, Mix Retail, Dimensi Kualitas Layanan, Amigo Group
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Ms Hilaria Fortuna
Date Deposited: 30 Jul 2021 08:53
Last Modified: 30 Jul 2021 08:53
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item