PERANGKAT LUNAK SIMULASI PENYELESAIAN BLOCKS WORLD ARCHITECTURE

22043461, Daniel Kiki Susanto (2011) PERANGKAT LUNAK SIMULASI PENYELESAIAN BLOCKS WORLD ARCHITECTURE. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22043461_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (393kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22043461_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permainan Blocks World Architecture merupakan permainan yang mengasah logika dan kreatifitas pemainnya, permainan ini termasuk kedalam permainan puzzle. Permainan Blocks World Architecture mengharuskan pemainnya untuk menyelesaikan papan permainan dengan cara menggeser kotakkotak yang berisi angka antara satu sampai dengan sepuluh pada papan permainan sehingga mencapai kondisi angka satu sampai dengan lima belas yang tersusun urut pada papan permainan. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana sistem dapat mencari solusi penyelesaian yang dapat membantu pemain untuk mencapai kondisi awal sampai dengan kondisi akhir yang tersusun urut pada papan permainan sehingga dapat menyelesaikan papan permainan tersebut. Sistem yang dibangun untuk pencarian solusi menggunakan pendekatan Algoritma Depht First Search dan Breadth First Search. Algoritma Depht First Search dan Breadth First Search pada dasarnya memiliki prinsip percabangan dan batasan. Algoritma Depht First Search dan Breadth First Search melakukan percabangan untuk mencari kemungkinan solusi dari kondisi awal dengan berdasarkan pada batasan-batasan tertentu. Kondisi awal dari permainan Blocks World Architecture didapati dengan cara program mengacak papan permainan Blocks World Architecture sehingga balok-balok yang terdapat pada papan permainan menjadi tidak terurut. Didalam permainan Blocks World Architecture ini, Algoritma Depht First Search dan Breadth First Search melakukan pencarian kemungkinan solusi dari kondisi awal permasalahan dari permainan Blocks World Architecture dengan menggunakan batasan dengan menghitung bobot. Hasil yang dicapai dari implementasi sistem ini adalah menemukan solusi, yaitu mencapai kondisi balok satu sampai dengan sepluh yang tersusun urut pada papan permainan. Algoritma Depht First Search menemukan solusi dengan waktu lebih cepat daripada Algoritma Breadth First Search.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Nadya Agatha
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:27
Last Modified: 20 Aug 2021 03:27
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item