ANALISIS KELAYAKAN DAN PENETAPAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA MELALUI ANALISIS ODTWA DAN MATRIKS SWOT DI OBJEK WISATA DAN KAMPUNG ADAT KE’TE KESU, TORAJA UTARA.

31150041, Adelia Gabriella Rayo Napang (2019) ANALISIS KELAYAKAN DAN PENETAPAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA MELALUI ANALISIS ODTWA DAN MATRIKS SWOT DI OBJEK WISATA DAN KAMPUNG ADAT KE’TE KESU, TORAJA UTARA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Biologi)
31150041_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Biologi)
31150041_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Objek wisata dan kampung adat Ke‟te Kesu merupakan destinasi wisata yang memiliki potensi sumber daya alam dan sosio-budaya yang sangat melimpah dan unik. Dengan besarnya potensi tersebut maka sangat berpeluang untuk digunakan dalam pengembangan ekowisata. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kelayakan ekowisata berdasarkan modifikasi Pedoman Daerah Operasi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) dengan tools Filipina CBEE SATT. Pengambilan data dengan melakukan observasi langsung, kuesioner dan diskusi singkat dengan masyarakat lokal, serta melakukan Focus Group Discussion. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa secara keseluruhan penilaian objek wisata dan kampung adat Ke‟te Kesu layak untuk dilakukan kegiatan ekowisata dengan persentase 78,8% meskipun kriteria aksesibilitas masih lemah. Strategi yang diperoleh dari hasil matriks grand strategy berdasarkan analisis SWOT di mana menggunakan strategi pertama S-O yaitu budaya yang masih dijunjung tinggi, peninggalan sejarah, pemandangan yang indah, kebersamaan masyarakat, lokasi yang strategis, perpustakaan serta sarana-prasarana yang terjangkau dapat menjadi modal dalam mendukung pengembangan tren ekowisata dan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi untuk memperkenalkan segala potensi dan keunikan dari objek wisata Ke‟te Kesu seperti keindahan, budaya, sejarah, produk lokal hingga kreativitas pengrajin melalui promosi di sosial media agar bukan wisatawan lokal saja yang mengetahui tapi hingga ke seluruh dunia serta lokasi yang strategis dapat dimanfaatkan untuk menjangkau wisatawan lebih banyak sehingga akan berdampak bagi peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat setempat melalui aktivitas kerajinan, maupun produk-produk lokal lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Ekowisata, Ke‟te Kesu, ODTWA, SATT, SWOT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Bioteknologi > Prodi Biologi
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 27 Mar 2020 12:57
Last Modified: 15 Jun 2021 03:08
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item