ANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA SISTEM INFORMASI KERJA PRAKTIK INFORMATIKA UKDW

71150063, Fenny Meinawati (2019) ANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA SISTEM INFORMASI KERJA PRAKTIK INFORMATIKA UKDW. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71150063_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (438kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71150063_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi kerja praktik informatika sebelumnya telah dibuat sebagai proyek prodi informatika atas kebutuhan informasi kerja praktik, namun belum dapat digunakan karena masih memerlukan pengembangan dari segi fitur dan antarmuka. Tampilan antarmuka masih perlu dikembangkan karena 34 dari 40 mahasiswa informatika mengatakan situs web masih sulit digunakan serta 15 dari 19 dosen dan koordinator kerja praktik informatika mengatakan informasi pada sistem masih belum lengkap untuk dapat memenuhi dan mempermudah pengguna dalam menggunakan sistem. Hasil tersebut diperoleh dari survei sederhana yang dilakukan dengan cara wawancara dan skenario tugas. Penelitian ini menggunakan metode User Centered Design untuk menganalisis situs web kerja praktik informatika. Dalam penelitian ini digunakan pengukuran tingkat efektivitas, efisien, dan kepuasan. Mengukur tingkat kepuasan pengguna menggunakan System Usability Scale (SUS). Permasalahan yang ditemui dari hasil pengujian terhadap seluruh responden akan dianalisis, sehingga hasil analisis tersebut mampu mempermudah pengembang sistem selanjutnya. Penelitian dilakukan selama dua tahap. Hasil akhir pada tahap kedua memperoleh nilai pengukuran efektivitas, efesiensi, dan kepuasan yang meningkat dari hasil analisis tahap pertama. Peningkatan ini terjadi karena tampilan telah didesain ulang berdasarkan saran dari pengguna.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: User Centered Design, Kerja Praktik, System Usability Scale, Analisis Situs Web
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms Dominggas Yembise - Keluar
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:06
Last Modified: 23 Jun 2021 02:45
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item