62160018, Firdaruma Rejina Almanis (2021) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN SENI BATIK TULIS UNTUK ANAK USIA 11 TAHUN KE ATAS. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Desain Produk)
62160018_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Desain Produk)
62160018_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Muatan Lokal Batik adalah muatan lokal wajib di DIY sejak 1994 (Depdikbud : 1994). Namun, pembelajaran seni di Indonesia yaitu muatan lokal masih dipandang sebelah mata, salah satunya di SD Budya Wacana 1 Yogyakarta. Hal ini terbukti dari diberlakukan hanya satu jam pelajaran untuk Muatan Lokal Batik tiap minggunya kepada siswa kelas 6 (usia 11 tahun ke atas). Ketetapan SD Budya Wacana 1 ini tidak sesuai dengan standar pelaksanaan muatan lokal yang sudah ditetapkan Departemen Pendidikan yaitu dua jam pelajaran dalam tiap minggu. Guru mengajar dengan metode ceramah dan menjadi sumber utama dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran menggunakan kompor minyak tanah untuk membatik yang tidak aman bagi siswa. Hal ini menyebabkan rendahnya keaktifan mereka saat persiapan hingga praktek membatik. Oleh sebab itu, penelitian ini penting dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan niat membatik. Penelitian ini menggunakan metode campuran dan rapid etnografi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, kuesioner, dan eksperimen static group comparation. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berisi buku dan alat & bahan membatik menggunakan metode pembelajaran visual, kinestetik, dan permainan yang sudah diujikan. Buku yang dirancang berupa buku interaktif berisi pengetahuan Batik dan panduan membatik lengkap. Alat membatik yang dirancang berupa Kompor Cardboard yang teruji aman dan mudah digunakan. Selain itu, dilengkapi media untuk mencanting yaitu dompet serut sehingga fungsional. Media pembelajaran ini berisi 3 paket alat dan bahan membatik sehingga dapat digunakan siswa secara bersama-sama baik di sekolah maupun di rumah. Uji coba produk dengan metode pre-test dan post-test menghasilkan adanya kenaikan nilai pada post-test sebanyak 56%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ini meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan niat membatik.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seni batik tulis, Pengetahuan batik, Rapid etnografi, Media pembelajaran batik tulis |
Subjects: | L Pendidikan > Teori dan Praktik Pendidikan N Seni Rupa > Lukisan T Teknologi > Kerajinan Tangan. Seni dan Kerajinan |
Divisions: | Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 02:37 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 02:37 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5153 |
Actions (login required)
View Item |