PENGARUH AKTIVITAS WISATA TERHADAP SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT LOKAL DAN LINGKUNGAN DESA WISATA PULESARI, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN

31150009, Dharmawan Asadha Gunawan (2019) PENGARUH AKTIVITAS WISATA TERHADAP SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT LOKAL DAN LINGKUNGAN DESA WISATA PULESARI, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Biologi)
31150009_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (406kB)
[img] Text (Skripsi Biologi)
31150009_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy

Abstract

Sebuah lokasi ekowisata atau wisata berbasis masyarakat dalam pengembangannya dapat memberikan pengaruh baik positif maupun negatif dari aspek-aspek seperti ekonomi, sosial, dan lingkungan terhadap masyarakat lokal. Desa Wisata Pulesari yang merupakan desa wisata mandiri yang dikelola masyarakat lokal belum menyatakan diri sebagai destinasi ekowisata. Meskipun demikian, penelitian mengenai pengaruh positif dan negatif aktivitas wisata terhadap sosial-ekonomi masyarakat dan lingkungan berdasarkan sudut pandang ekowisata diperlukan agar dapat menjadi rekomendasi untuk pengembangan Desa Wisata Pulesari di masa depan. Penelitian ini mengambil data dan informasi utama melalui kuesioner dan wawancara mendalam kepada warga, observasi, serta Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan diskusi dari masyarakat lokal. Selain data dan informasi utama, informasi-informasi dari wawancara awal, website Desa Wisata Pulesari, dan komentar dari ineternet maupun sosial media juga digunakan sebagai pelengkap. Dari keseluruhan data dan informasi, hasil menunjukkan bahwa Desa Wisata Pulesari dapat membawa pengaruh positif bagi masyarakat lokal dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, namun beberapa hal masih belum optimal dan perlu menjadi perhatian baik oleh pengurus harian maupun oleh warga. Diharapkan ke depannya hal-hal yang belum optimal dapat dioptimalkan sehingga dapat menjadi desa wisata mandiri yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata Pulesari, aspek ekonomi, aspek sosial, aspek lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Bioteknologi > Prodi Biologi
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 07 Oct 2020 06:52
Last Modified: 15 Jun 2021 02:54
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item