PEMIKIRAN DRIYARKARA TENTANG PENDIDIKAN : ANALISA PEMIKIRAN DRIYARKARA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN DI INDONESIA

01130040, Sifra Reggyna Agita Sigarlaki (2021) PEMIKIRAN DRIYARKARA TENTANG PENDIDIKAN : ANALISA PEMIKIRAN DRIYARKARA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01130040_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01130040_bab2-s.d-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan hal fundamental yang bertujuan untuk memanusiakan manusia muda. Mengingat zaman terus berkembang dan semakin maju sehingga manusia juga perlu untuk berkembang baik dari segi pengetahuan, dan karakter. Disinilah pendidikan dibutuhkan untuk membantu menyeimbangkan antara aspek kognitif yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, serta aspek afektif yang berhubungan dengan personalitas seseorang. Hal ini akan membentuk pola karakter manusia muda yang berlangsung seumur hidup. Jika pendidikan tidak tersampaikan dengan baik terhadap seseorang, maka hal itu akan berdampak bagi masa depan, lingkungan sekitarnya, bahkan negara. Untuk itu pendidikan merupakan perjuangan bersama baik dari manusia itu sendiri, lingkungan, dan juga negara untuk mendukung terwujudnya pendidikan bagi setiap individu. Driyarkara yang merupakan tokoh pendidikan Indonesia telah menunjukkan perjuangannya dalam memperjuangkan pendidikan bagi rakyat Indonesia. Sebagai seorang tokoh yang berperan bagi pendidikan Indonesia, Driyarkara menunjukkan keseriusannya berkonsentrasi pada pendidikan di Indonesia. Pendidikan yang merupakan hal fundamental bagi Driyarkara membuat pendidikan Indonesia pada zamannya bisa dirasakan secara merata oleh seluruh rakyat Indonesia tanpa memandang status dan strata sosial. Harusnya hal itu bisa terus berlanjut dan dirasakan bagi rakyat Indonesia saat ini, namun dunia yang terus berkembang menjadi tantangan tersendiri. Segala sesuatu menjadi mahal menyeret pendidikan masa kini menjadi hal yang mahal juga. Titik permasalahannya bukan berada pada biaya pendidikan yang semakin mahal, namun pada para penanggung jawab pendidikan baik dari pemerintahan maupun pihak sekolah sebagai pelaku pendidikan di Indonesia. Hal penting yang perlu dibangun adalah pendidikan harus berorientasi pada manusia yang dididik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Driyarkara, Pendidikan, Fundamental, Memanusiakan, Perjuangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: Mrs Dhian Widyaningrum
Date Deposited: 23 Mar 2021 01:07
Last Modified: 23 Mar 2021 01:07
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5031

Actions (login required)

View Item View Item