TINJUAN TEOLOGIS TERHADAP KONSEP KERJA DAN KETERASINGAN MENURUT KARL MARX DALAM DIALOG DENGAN PEMIKIR-PEMIKIR KRISTIANI

01140014, Anindhita Yudistira Adi (2018) TINJUAN TEOLOGIS TERHADAP KONSEP KERJA DAN KETERASINGAN MENURUT KARL MARX DALAM DIALOG DENGAN PEMIKIR-PEMIKIR KRISTIANI. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01140014_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (987kB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01140014_bab2-sd-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)

Abstract

Bekerja merupakan hal yang mendasar bagi manusia. Namun sering kali pekerjaan dilihat sebagai sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan kehidupan iman seseorang. Atau, justru sebaliknya melalui iman, menjadikan seseorang tahan bekerja meskipun di dalam pekerjaannya terjadi ketidakwajaran. Marx melihat bahwasanya pekerja harus menjadi aktual di dalam setiap pekerjaannya. Jika tidak dapat menjadikan dirinya aktual maka pekerja tersebut mengalami keterasingan. Marx menekankan emansipasi bagi pekerja. Selanjutnya, perspektif kristiani terkait kerja menambahkan dimensi religiositas pekerja sebagai sesuatu yang berdampak positif dalam pekerjaannya. Dimensi spiritual dan material begitu nampak jelas dalam kerja. Dua hal yang saling melengkapi untuk menjadikan diri manusia utuh. Manusia yang pada kediriannya menjadi aktual sekaligus terhubung dengan pekerjaan Allah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi, Pekerjaan, Makna Kerja, Marx, Panggilan, Kemanusiaan, Pembebasan, Spiritualitas, Material, dan Keterasingan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms Dominggas Yembise
Date Deposited: 03 Jul 2020 00:32
Last Modified: 30 Jun 2021 04:27
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item