INOVASI MODEL BISNIS BATIK DAN IMPLIKASINYA BAGI PENGEMBANGAN START UP

13160005, Inthannia Elvaretha Wijaya (2021) INOVASI MODEL BISNIS BATIK DAN IMPLIKASINYA BAGI PENGEMBANGAN START UP. Thesis (S2) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Tesis Manajemen)
13160005_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tesis Manajemen)
13160005_bab2-s.d-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Inovasi Model Bisnis menjadi kunci dalam mengembangkan dan memperbaiki startegi perusahaan untuk mampu bersaing. Dalam melakukan penelitian langsung di lapangan model bisnis start up mengalami kesulitan untuk melakukan inovasi model bisnis yang ada. Tujuan dari penelitian ini, pertama, untuk mengevaluasi sembilan komponen pada model bisnis canvas pada komunitas pembatik Kicak Kidul, Yogyakarta. Kedua, mengembangkan inovasi pada suatu model bisnis start up. Model penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, studi kasus. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam. Model analisis menggunakan kerangka CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan komponen model bisnis canvas pembatik desa Kricak Kidul, Yogyakarta masih kurang dan perlu perbaikan inovasi. Inovasi atas komponen model bisnis canvas menjadi dasar pengembangan bisnis start up. Model bisnis start up menciptakan nilai yang berbeda, dengan melakukan inovasi pada aktivitas utama, proposisi nilai, dan relasi pelanggan dan pentingnya penciptaan nilai sosial.

Item Type: Student paper (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Social entrepreneur, Inovasi model bisnis, Model CIPP
Subjects: H Ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh > Manajemen. Manajemen Industri
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Magister Manajemen
Depositing User: Dhian Widyaningrum, S.Hum
Date Deposited: 23 Mar 2021 01:13
Last Modified: 23 Mar 2021 01:13
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5015

Actions (login required)

View Item View Item