PERANCANGAN TAMAN KANAK-KANAK DAN TEMPAT PENITIPAN ANAK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN PENDEKATAN DESAIN INKLUSI ANAK TUNADAKSA DI KOTA YOGYAKARTA

61160088, Andy Kurniawan Saputra (2021) PERANCANGAN TAMAN KANAK-KANAK DAN TEMPAT PENITIPAN ANAK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN PENDEKATAN DESAIN INKLUSI ANAK TUNADAKSA DI KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61160088_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (22MB)
[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61160088_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia memiliki jumlah anak berkebutuhan khusus yang cukup banyak, dan anak-anak tersebut memerlukan sarana penunjang pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan. Namun jumlah anak berkebutuhan khusus yang dapat menempuh pendidikan masih sangat sedikit. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kelainan baik pada fisik maupun pada mentalnya, salah satu jenis anak berkebutuhan adalah penyandang tuna daksa, yaitu anak dengan kecatatan fisik. Sekolah inklusi merupakan sekolah yang dapat mewadahi anak-anak berkebuthan khusus agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan sesuai dengan kebutuhan anak. Karena pada dasarnya anak-anak berkebutuhan khusus juga berhak untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang layak seperti anak normal pada umumnya. Namun dikarenakan kurangnya sarana sekolah inklusif yang dapat mewadahi anak-anak tersebut, menjadikan banyak anak-anak berkebutuhan khusus tidak mendapatkan pendidikan sebagaimana mestinya. Kurangnya sarana sekolah inklusif juga mengakibatkan kurangnya opsi bagi orang tua untuk memilih sekolah yang tepat untuk anak mereka. Selain permasalahan tersebut, ketersediaan tempat penitipan anak juga sangat mempengaruhi keputusan orang tua dalam memilih sarana pelayanan pendidikan bagi anak mereka, karena saat ini kebanyakan orang tua memiliki jam kerja yang cukup panjang, sehingga waktu untuk merawat anaknya menjadi lebih sedikit. Ide desain perancangan taman kanak-kanak dan tempat penitipan anak merupakan jawaban dari permasalahan tersebut, menyatukan antara taman kanak-kanak dan tempat penitipan anak akan lebih memaksimalkan pelayanan bagi anak-anak. Di tempat tang sama anak-anak dengan kebutuhan khusus akan diberikan pelayanan sesuai dengan kebutujan dan peruntukannya, hal ini bertujuan utuk meningkatkan kepercayaan diri anak dalam melakukan aktivitasnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Anak berkebutuhan Khusus, Tuna daksa, Sekolah inklusif, Taman kanak-kanak, Tempat penitipan anak
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Arsitektur
Depositing User: mrs Dhian Saraswati
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:21
Last Modified: 22 Apr 2021 03:21
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item View Item