POLA DISTRIBUSI DAN KEANEKARAGAMAN JENIS-JENIS TUMBUHAN PAKAN ALAMI GAJAH SUMATERA (Elephas maximus sumatranus) DI PUSAT LATIHAN GAJAH WAY KAMBAS

31150023, Felicia Agnes Herningtyas (2019) POLA DISTRIBUSI DAN KEANEKARAGAMAN JENIS-JENIS TUMBUHAN PAKAN ALAMI GAJAH SUMATERA (Elephas maximus sumatranus) DI PUSAT LATIHAN GAJAH WAY KAMBAS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Biologi)
31150023_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Biologi)
31150023_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gajah Sumatera merupakan salah satu dari satwa yang sudah ditetapkan sebagai satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Populasi gajah yang terus menurun akibat rusaknya habitat alami gajah yang disebabkan oleh aktivitas manusia dan bencana alam. Habitat alami sangat penting bagi ketersediaan pakan dan keberlangsungan hidup gajah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui keanekaragaman jenis-jenis tumbuhan pakan alami dan persebarannya di Pusat Latihan Gajah Way Kambas. Pengambilan data dilakukan dengan mengamati keanekaragaman jenis dan persebaran tumbuhan pakan alami di ekosistem rawa, semak, dan hutan sekunder. Pembuatan plot dengan metode garis berpetak pada masing-masing lokasi dengan membuat 15 petak berukuran 20x20m, 10x10m, 5x5m, dan 2x2m sesuai ketentuan tipe vegetasi dengan jarak antar petak 20m. Ditemukan sebanyak 20 jenis tumbuhan pakan yang tergolong ke dalam 13 famili. Jenis tumbuhan yang mendominasi secara jumlah individu di rawa,semak, hutan yakni Brachiaria sp (Blembeman), Imperata cylindrica (Alang-alang), dan Symplocos stenosepala (Berasan). Distribusi jenis tumbuhan pada ekosistem rawa dan semak memiliki pola acak, sedangkan pada hutan dengan pola mengelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: indeks keanekaragaman, tumbuhan pakan, pola distribusi, gajah sumatera, PLG Way Kambas
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Bioteknologi > Prodi Biologi
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 04 Oct 2020 15:51
Last Modified: 15 Jun 2021 02:59
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item