PENGARUH PERBEDAAN BERBAGAI JENIS TANAMAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PRODUKTIVITAS IKAN NILA HITAM (Oreochromis niloticus) DENGAN APLIKASI TEKNOLOGI AKUAPONIK

31150022, Samuel Sandy Tyas (2019) PENGARUH PERBEDAAN BERBAGAI JENIS TANAMAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PRODUKTIVITAS IKAN NILA HITAM (Oreochromis niloticus) DENGAN APLIKASI TEKNOLOGI AKUAPONIK. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Biologi)
31150022_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (948kB)
[img] Text (Skripsi Biologi)
31150022_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Budi daya perikanan khususnya di Indonesia merupakan salah satu komponen penting pada kebutuhan pangan masyarakat, namun pada penerapannya ada beberapa masalah pada budidaya perikanan misalnya penggunaan air yang boros dan tingkat kelulushidupan yang rendah, maka dari itu akuaponik merupakan solusi yang baik bagi masalah perikanan untuk meningkatkan produktivitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui pengaruh selada, kangkung dan pakcoy terhadap produktifitas ikan dan kualitas air kolam dan untuk mengetahui hubungan antara kualitas air dan pertumbuhan ikan dan tanaman pada penelitian ini digunakan sistem akuaponik DFT dan sampling setiap 10 hari, komponen yang diamati adalah pH, suhu, DO, nitrat, fosfat, amonia, panjang tanaman, berat tanaman, tinggi tanaman dan pada ikan pengambilan data meliputi panjang, lebar, dan berat. Analisa data menggunakan metode ANOVA. Berdasarkan hasil analisa statistik perlakuan dengan tanaman kangkung, pakcoy dan selada memberikan perbedaan hasil yang signifikan terhadap produktivitas ikan nila pada setiap parameter. Hasil penelitian produktivitas ikan yang paling besar yaitu kangkung, diikuti selada, kontrol dan pakcoy. kangkung adalah yang terbaik dilihat dari tanaman dengan panjang tanaman, berat basah dan berat kering lalu dari ikan dilihat dari panjang, lebar, berat ikan sedangkan dilihat dari kualitas airnya dengan kadar DO, nitrat, fosfat, dan amonia serta pH dan suhu. Kualitas air menjadi komponen yang penting bagi akuaponik karena akuaponik berpengaruh pada ikan maupun tanaman, apabila kadar amonia dalam kolam melonjak tinggi akan membahayakan bagi ikan sedangkan bagi tanaman itu adalah bahan makanan dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Aquaponik, Oreochromis niloticus, Produktivitas
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Bioteknologi > Prodi Biologi
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 07 Oct 2020 06:35
Last Modified: 15 Jun 2021 02:58
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item