PROGRAM BANTU PREDIKSI JURUSAN CALON SISWA BARU DI SMK KRISTEN 1 KLATEN DENGAN METODE MULTI KRITERIA YANG DI MODIFIKASI

23050081, Christi Fajar Pamungkas (2011) PROGRAM BANTU PREDIKSI JURUSAN CALON SISWA BARU DI SMK KRISTEN 1 KLATEN DENGAN METODE MULTI KRITERIA YANG DI MODIFIKASI. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23050081_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (344kB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23050081_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Memilih jurusan untuk melanjutkan studi kejenjang selanjutnya merupakan kebutuhan pokok yang harus dilakukan seorang siswa yang setelah lulus dari sekolah tingkat pertama. Seorang siswa memiliki kemauan untuk memilih sekolah yang tepat bagi dirinya yang sesuai dengan kemampuan siswa itu sendiri. Didalam sekolah kejuruan ada pilihan jurusan yang ditawarkan seperti di SMK Kristen 1 Klaten yang menawarkan 3 jurusan yaitu Mesin, Listrik dan bangunan. setiap jurusan tersebut juga memiliki kriteria yang harus dipertimbangkan siswa disaat memilih jurusan. Dalam Skripsi ini akan dibahas dan dirancang bagaimana menerapkan metode multi kriteria untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengatur tingkat informasi yang berbeda. Dalam metode multi kriteria analisis untuk menimbang-nimbang pilihan alternatif atau solusi untuk masalah yang sudah diteliti dapat diterapkan dengan mengikuti langkah yang harus dilakukan yaitu mengidentifikasi keputusan, menetapkan bobot, desain sistem penilaian, alternatif skor dan total penilaian. Studi kasus yang diambil adalah SMK Kristen 1 Klaten. Sebagai masukan adalah data nilai ujian SLTP, nilai ujian masuk SMK, Nilai Ujian Psikotes dan rangking asal SLTP siswa. Pada setiap kelompok kriteria tersebut mempunyai nilai prioritas bobot pada setiap masing-masing jurusan, standart nilai dan standart bobot yang menjadi standart pemberian prosentase bobot nilai. Nilai siswa akan dihitung berdasarkan standart bobot yang sudah ditetapkan, setelah itu total bobot yang diperoleh dari masing-masing jurusan akan dijadikan sebuah hasil akhir keputusan untuk menentukan jurusan. Hasil Implementasi menunjukan bahwa metode multi kriteria analisis dapat digunakan untuk membantu menentukan jurusan calon siswa baru. Keluaran yang dihasilkan dapat memberikan solusi siswa dalam memilih jurusan yang tepat bagi siswa itu sendiri sesuai dengan bobot nilai yang didapatkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:34
Last Modified: 13 Aug 2021 03:34
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4903

Actions (login required)

View Item View Item