SISTEM INFORMASI PENCATATAN HARIAN ANAK SEBAGAI PENGGANTI KOMUNIKASI VERBAL GURU DAN ORANGTUA STUDI KASUS KELOMPOK BELAJAR BUDYA WACANA

72140053, Yeremia Satrio Sembodo (2019) SISTEM INFORMASI PENCATATAN HARIAN ANAK SEBAGAI PENGGANTI KOMUNIKASI VERBAL GURU DAN ORANGTUA STUDI KASUS KELOMPOK BELAJAR BUDYA WACANA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sitem Informasi)
72140053_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (511kB)
[img] Text (Skripsi Sitem Informasi)
72140053_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya pendidik dalam suatu organisasi sekolah untuk memberikan perhatian khusus terhadap anak didik yang bermasalah yaitu dengan menggunakan buku penghubung. Buku penghubung merupakan media yang digunakan untuk berkomunikasi antara guru dengan orangtua anak, yang berisikan tentang catatan seputar kegiatan-kegiatan yang dilakukan anak setiap hari di sekolah yang disertai dengan catatan untuk orangtua di rumah. Buku penghubung ini bertujuan agar orangtua dapat mengetahui kegiatan anaknya di sekolah seperti mengetahui informasi perkembangan anaknya, apakah anaknya dapat mengikuti materi yang disampaikan oleh guru, dan mengetahui perilaku anaknya di sekolah. Namun permasalahan yang sering terjadi adalah wali kelas mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan orangtua melalui buku penghubung. Hal ini disebabkan karena orangtua jarang membaca informasi yang telah dituliskan dibuku penghubung, orangtua lebih memilih membaca melalui media komunikasi handphone sehingga pihak sekolah dan orangtua membuat group whatsapp untuk berkomunikasi ketimbang membaca di buku penghubung. Tidak hanya itu saja, siswa pun terkadang lupa membawa buku penghubung atau tertinggal dan buku penghubung ini rentan rusak atau hilang. Pada penelitian ini akan dihasilkan sebuah perancangan website buku penghubung dalam bentuk web. Buku penghubung berbasis web ini diharapkan dapat digunakan sebagai media komunikasi antara orangtua anak dalam memberikan perhatian khusus terhadap anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: buku penghubung, komunikasi, guru dan orangtua
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: ms maria sema - keluar
Date Deposited: 17 Nov 2020 07:33
Last Modified: 29 Jun 2021 01:49
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item