PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX DENGAN ALPHA-BETA PRUNING UNTUK PENYELESAIAN PERMAINAN NINE MEN’S MORRIS.

22074214, Andhri Hermawan Effendi (2011) PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX DENGAN ALPHA-BETA PRUNING UNTUK PENYELESAIAN PERMAINAN NINE MEN’S MORRIS. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22074214_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (837kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22074214_bab2-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi komputer saat ini telah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang. Salah satunya ialah sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Kecerdasan buatan ini banyak diterapkan pada permainanpermainan. Beberapa aplikasi kecerdasan buatan juga telah berhasil mengalahkan pemain tingkat dunia. Permainan yang akan penulis teliti di sini ialah Nine Men’s Morris. Permainan ini merupakan permainan papan klasik sejak jaman kerajaan roman. Permainan ini memiliki beberapa variasi lainnya yaitu Three Men's Morris, Six Men's Morris, dan Twelve Men's Morris. Kecerdasan buatan yang akan diterapkan dalam permainan 2 orang ini menggunakan metode minimax yang merupakan algoritma yang biasa digunakan untuk permainan 2 orang. Akan tetapi algoritma minimax memiliki kelemahan yaitu harus menelusuri semua node yang ada meskipun node tersebut sebenarnya dapat diabaikan. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Alpha-Beta Pruning untuk mengurangi jumlah percabangan. Beberapa kesimpulan yang dapat diperoleh setelah melakukan penelitian tentang penerapan algoritma minimax alpha-beta pruning untuk penentuan langkah terbaik pada permainan Nine Men’s Morris adalah algoritma minimax alpha-beta pruning dapat diterapkan untuk penyelesaian permainan Nine Men’s Morris dan dalam uji coba sistem algoritma minimax alpha-beta pruning dapat bermain unggul melawan pemain. Waktu yang dibutuhkan untuk berpikir dipengaruhi oleh kedalaman, jumlah percabangan, dan arah penelusuran tree dan waktu berpikir untuk penelusuran langkah yang mengandung banyak kemungkinan mengambil morris lawan relatif lebih lama.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Flash Game, Minimax, Alpha-Beta, Nine Men’s Morris
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:33
Last Modified: 18 Aug 2021 02:33
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4873

Actions (login required)

View Item View Item