HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN PENGASUH SEBAGAI FAKTOR STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK TERHADAP PERILAKU ANAK PRASEKOLAH DI PAUD DESA SUMBERMULYO, BAMBANGLIPURO

41130065, TRY PUTRA HENY CENDEKIAWAN (2017) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN PENGASUH SEBAGAI FAKTOR STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK TERHADAP PERILAKU ANAK PRASEKOLAH DI PAUD DESA SUMBERMULYO, BAMBANGLIPURO. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41130065_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41130065_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Masa usia prasekolah merupakan periode emas yang dapat menentukan kualitas hidup di masa akan datang. Masalah perkembangan perilaku anak prasekolah di Indonesia pada masa kini sering dijumpai dan membutuhkan diagnosis awal serta pengenalan tanda – tanda gangguan perkembangan. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kelainan perilaku, antara lain adalah tingkat pendidikan pengasuh. Pola asuh yang benar berperan dalam mencegah keterlambatan perkembangan anak dan memberikan stimulasi pengetahuan serta kemampuan pada anak untuk mencapai perkembangan perilaku sesuai usia. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan pengasuh sebagai faktor stimulasi tumbuh kembang terhadap perilaku anak prasekolah. Metode : Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode cross sectional. Subjek penelitian adalah orang tua/pengasuh beserta balitanya yang dipilih dari TK ABA Jogodayoh I, KB-TKIT RA Insan Mulia, dan KB Harapan Ibu di Kecamatan Bambanglipuro. Pengambilan sampel dilakukan dengan consecutive non–probability sampling dan didapatkan 110 responden. Alat yang digunakan adalah kuesioner perilaku anak prasekolah (KPAP) dari pedoman deteksi dini tumbuh kembang balita DEPKES RI. Data diolah menggunakan bantuan perangkat komputer dengan uji chi-square. Hasil : Hasil analisis uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pendidikan pengasuh sebagai faktor stimulasi tumbuh kembang anak terhadap perilaku anak prasekolah yang bermakna secara statistik ditunjukkan dengan (p=0,000). Kesimpulan : Tingkat pendidikan pengasuh berperan dalam stimulasi tumbuh kembang anak terhadap perilaku anak prasekolah di PAUD Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro (p=0,000).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tingkat pendidikan pengasuh, tumbuh kembang anak, perilaku anak prasekolah
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 21 Jan 2021 02:22
Last Modified: 21 Jan 2021 02:22
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item