71130011, Senna Christanto (2017) PENERAPAN PRINSIP F-PATTERN DALAM PENGEMBANGAN ANTARMUKA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS). Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Informatika)
71130011_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (3MB) |
|
Text (Skripsi Informatika)
71130011_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
F pattern merupakan salah satu pola dari 3 pola design antarmuka. F Pattern biasa digunakan pada antarmuka yang memerlukan kecepatan dalam melakukan pencarian konten yang diinginkan. Penelitian ini melakukan studi kasus pada website LMS (Learning Management System) Appssmi milik Sekolah Musik Indonesia cabang Surakarta dengan meneliti apakah penerapan f pattern dapat menaikan tingkat usability pada desain web LMS Appssmi. Untuk mengetahui apakah f pattern dapat mempengaruhi tingkat usability, dalam penelitian ini akan dilakukan pembandingan antara web LMS Appssmi yang tidak menerappkan f pattern dalam desain antarmuka nya dengan prototipe yang dibuat penulis dengan menerapkan f pattern dalam perancangan antarmuka nya. Metode yang digunakan adalah usability testing untuk menghitung seberapa usable kedua web tersebut, SUS untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dan wawancara untuk mendapat informasi apa saja yang dirasakan user setelah menggunakan kedua sistem tersebut. Penelitian ini akan dilakukan dengan 2 tahap penelitian, penelitian pertama adalah dengan melakukan usability testing antara web LMS Appssmi dengan prototipe 1 terhadap responden yang terbiasa menggunakan admin panel maupun dashboard dan responden yang tidak terbiasa menggunakannya. Jika dalam penelitian pertama, prototipe 1 mendapatkan hasil usability testing dan SUS yang lebih baik dibandingkan dengan web LMS Appssmi, maka akan dilanjutkan ke penelitian akhir dimana prototipe tersebut akan diujikan ke guru-guru SMI yang merupakan end user dari LMS Appssmi. F-Pattern terbukti dapat meningkatkan usability suatu website. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengurangan waktu dalam waktu penyelesaian task rata-rata sebanyak 33.4 detik.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | F-Pattern, Admin Panel, Dashboard, Usability Testing, SUS, Website |
Subjects: | Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika |
Depositing User: | Ms Lea Destiany |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 02:18 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 02:18 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4582 |
Actions (login required)
View Item |