APLIKASI GAME GIN RUMMY DENGAN METODE GENERATE AND TEST

22094709, William Putra Sera (2013) APLIKASI GAME GIN RUMMY DENGAN METODE GENERATE AND TEST. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22094709_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22094709_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permainan kartu Gin Rummy merupakan sebuah permain kartu untuk 2 orang pemain menggunakan 52 buah kartu turf. Setiap pemain dalam permainan ini dituntut untuk membuat seluruh kartu ditangannya menjadi 1 set dengan menyamakan angka atau membuat urutan angka. Permasalahan yang dihadapi sistem adalah bagaimana membuat 1 set kartu dengan memilih kartu dari tumpukan kartu atau dari kartu yang dibuang oleh pemain lain setiap gilirannya, agar nilai poin yang ada ditangan menjadi semakin kecil. Sistem dibuat untuk menemukan langkah terbaik yang dilakukan oleh pemain dalam memilih kartu menggunakan metode Generate and Test. Metode diterapkan dengan melakukan pembobotan nilai heuristik terhadap setiap kemungkinan kartu yang akan diambil dan kartu yang dibuang oleh pemain. Pembobotan nilai heuristik kartu dilakukan dengan merancang 2 jenis artificial intelligent, yaitu Beginner dan Advanced. Setiap kemungkinan langkah dalam giliran pemain kemudian dijumlah untuk dibandingkan satu sama lain. Hasil dari penggunaan metode Generate and Test dalam permainan kartu Gin Rummy ini adalah bahwa artificial intelligent Beginner memiliki presentase kemenangan sebesar 60% terhadap user. Sedangkan artificial intelligent Advanced memiliki presentase kemenangan yang sama, yaitu sebesar 60% terhadap user. Bila dihadapkan satu sama lain, artificial intelligent Beginner hanya memiliki presentase kemenangan 40% terhadap artificial intelligent Advanced.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Gin Rummy, Generate and Test, Heuristik
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 03 Aug 2021 02:35
Last Modified: 03 Aug 2021 02:35
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item