PERANCANGAN ULANG WEBSITE IKAMART BERDASARKAN UJI USABILITY MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUATION

22084559, Yosef Triadi Nugroho (2013) PERANCANGAN ULANG WEBSITE IKAMART BERDASARKAN UJI USABILITY MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUATION. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22084559_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22084559_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini penggunaan koneksi internet dalam hal mempromosikan barang dagangan semakin diminati. Hal ini ditandai oleh semakin banyaknya situs yang menawarkan penjualan berbagai jenis barang dan jasa. Cara yang mudah, murah, dan menjangkau konsumen secara luas tentu menjadi nilai positif dari pemasaran online seperti ini. Namun, di samping itu ternyata masih ditemui situs yang belum memiliki desain antarmuka yang baik, sehingga membuat pengguna merasa kesulitan dalam melakukan task. Melihat permasalahan yang muncul, maka Penulis ingin membangun sebuah website sejenis yang menawarkan desain antarmuka yang lebih baik sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan task. Dalam penelitian ini, Penulis mengambil website Ikamart sebagai subyek penelitian. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah Heuristic Evaluation. Metode ini digunakan sebagai pendekatan untuk mengukur masalah usability yang muncul. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Penulis merancang ulang desain Ikamart yang kemudian akan diuji lagi untuk mendapatkan angka peningkatan yang muncul pada desain tersebut. Pada akhir penelitian akan disimpulkan bagaimana pengaruh pengujian menggunakan metode Heuristic Evaluation dalam meningkatkan usability pada pengembangan selanjutnya dari website Ikamart. Berdasarkan pengujian pertama, ditemukan berbagai masalah yang muncul pada semua kriteria Heuristic Evaluation. Setelah dilakukan perancangan ulang, terjadi peningkatan usability sebesar 17% dari hasil akhir pengujian I yaitu 2,44 menjadi 3,13 pada hasil akhir pengujian II. Hal ini membuktikan bahwa metode Heuristic Evaluation cukup efektif dalam menemukan masalah usability untuk kemudian menjadi dasar dalam pengembangan desain antarmuka berikutnya.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Heuristic Evaluation, interaksi manusia dan komputer, desain antarmuka, perancangan ulang, uji usability
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 30 Jun 2021 01:40
Last Modified: 30 Jun 2021 01:40
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4549

Actions (login required)

View Item View Item