IMPLEMENTASI MARKET BASKET ANALYSIS PADA TOKO AKSESORIS ONLINE STUDI KASUS TOKO AKSESORIS ONLINE KICHI

23070231, Robby Hidayat (2012) IMPLEMENTASI MARKET BASKET ANALYSIS PADA TOKO AKSESORIS ONLINE STUDI KASUS TOKO AKSESORIS ONLINE KICHI. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23070231_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23070231_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses transaksi secara online berbeda dengan proses transaksi secara tradisional, pada proses transaksi online pembeli akan berhadapan dengan sebuah sistem yang bersifat pasif, sistem akan mencatat pesanan yang dilakukan oleh pembeli dalam sebuah transaksi, dan hanya menyimpan data transaksi kedalam database. Peran sebuah database pada sistem yang hanya sebagai media penyimpanan data, akan sangat berbeda jika data tersebut diolah menjadi sebuah informasi yang bernilai. Dengan menggunakan metode MBA data transaksi yang disimpan dapat diolah menjadi informasi atau rekomendasi barang yang berelasi dengan transaksi yang sedang terjadi, rekomendasi ini akan berguna dalam mempengaruhi pembeli untuk meningkatkan angka penjualan pada sebuah transaksi. Dengan memanfaatkan metode MBA, dalam skripsi ini akan dibangun sebuah program penjualan secara online yang dapat menghasilkan rekomendasi kepada pembeli. Penerapan MBA dilakukan pada keranjang belanja, ketika pembeli memilih item yang akan dibeli, proses join akan dilakukan untuk mendapatkan tabel kombinasi pasangan item. yang akan dicocokan jumlah kemunculanya pada tabel shoppingcart. Setelah didapat angka kemunculan pasangan item, dilakukan proses penghitungan Support, Lift, dan Confidence. Hasil akhir dari perhitungan ini akan diurutkan berdasarakan nilai Support, Confidence, dan Lift tertinggi. Dalam studi kasus ini, Metode Market Basket Analysis berhasil digunakan untuk menghasilkan rekomendasi produk dengan melakukan penyesuaian terhadap total transaksi yang digunakan dalam analisis. Total transaksi dihitung berdasarkan tanggal upload dari produk pertama yang dipilih oleh pembeli, dengan demikian transaksi yang terjadi sebelum produk tersebut dijual tidak dilibatkan dalam analisis ini.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi > Sumber-sumber Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 23 Jun 2021 01:59
Last Modified: 23 Jun 2021 01:59
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item