PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI MEDIASI DI INSTALASI RAWAT JALAN RSU BETHESDA LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA

13160002, YB. Arya Primantana (2019) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN SEBAGAI MEDIASI DI INSTALASI RAWAT JALAN RSU BETHESDA LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA. Thesis (S2) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Tesis Manajemen)
13160002_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (979kB)
[img] Text (Tesis Manajemen)
13160002_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini banyak Rumah Sakit di Indonesia berupaya meningkatkan kepuasan dan loyalitas pasien yang berkunjung ke Rumah Sakit. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh beberapa variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pasien dan variabel kepuasan pasien terhadap variabel loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 372 responden dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Desain penelitian ini adalah survey dengan menggunakan kuisioner. Hasil observasi kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) yang mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap variabel kepuasan pasien adalah variabel bukti fisik, sedangkan variabel yang lain (kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pasien. Variabel kepuasan pasien berpengaruh secara signifikan terhadap variabel loyalitas pasien. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan membentuk kepuasan pelanggan dan variabel kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pasien di Instalasi Rawat Jalan RSU Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta

Item Type: Student paper (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas.
Subjects: H Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh > Manajemen. Manajemen Industri
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Magister Manajemen
Depositing User: Ms Claresta Erlinda
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:59
Last Modified: 18 Jun 2021 02:23
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item