PENERAPAN GOAL-DIRECTED DESIGN DALAM PENDESAINAN PROTOTYPE PEMINJAMAN BUKU DIGITAL BERBASIS WEB

22074353, Iswanto (2012) PENERAPAN GOAL-DIRECTED DESIGN DALAM PENDESAINAN PROTOTYPE PEMINJAMAN BUKU DIGITAL BERBASIS WEB. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22074353_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22074353_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Buku digital merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi yang banyak digunakan oleh manusia pada saat ini. Namun buku digital belum banyak digunakan di perpustakaan karena belum banyak sistem yang menangani peminjaman buku digital. Penulis mencoba membuat sebuah prototype sistem perpustakaan digital dengan antarmuka yang dapat memudahkan pengguna. Goal-Directed Design adalah sebuah metode yang digunakan dalam pendesainan antarmuka. Terdapat enam proses utama dalam metode ini, yaitu tahap research, modeling, requirements, framework, refinement dan support. Inti dari metode ini adalah penggunaan Persona dan skenario sebagai alat pendesainan antarmuka. Proses research melibatkan wawancara kepada calon pengguna, dimana hasil dari wawancara tersebut akan dibentuk menjadi persona. Untuk setiap persona yang dihasilkan akan dibuat skenario konteks yang merupakan sumber dari kebutuhan persona. Kebutuhan yang didapatkan kemudian diubah dalam bentuk elemen antarmuka. Terdapat sebuah proses iteratif pada saat melakukan pendesainan. Dalam setiap iterasi terdapat skenario utama dan terdapat juga validasi. Akhir yang diperoleh dari tahap framework merupakan wireframe antarmuka yang akan digunakan sebagai basis dari desain antarmuka yang sebenarnya. Evaluasi dilakukan untuk menguji tingkat keberhasilan antarmuka yang dibuat Evaluasi dilakukan dengan menggunakan skenario yang diujikan pada pengguna sebenarnya. Uji usability yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan yang didapatkan adalah 85%. Hasil dari uji evaluasi digunakan untuk memperbaiki antarmuka sistem.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Goal-Directed Design, Interaksi Manusia Komputer, Perpustakaan Digital
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:57
Last Modified: 18 Jun 2021 02:57
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4366

Actions (login required)

View Item View Item