ANALISA ALGORITMA FLOCKING DAN PATHFINDING PADA SIMULASI GAME REAL TIME STRATEGY (RTS)

22064126, Nathanael Sandy Ardianto (2012) ANALISA ALGORITMA FLOCKING DAN PATHFINDING PADA SIMULASI GAME REAL TIME STRATEGY (RTS). Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22064126_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22064126_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permainan pada masa kini menjadi suatu kebutuhan bagi manusia, dikarenakan pekerjaan yang banyak menyita waktu ataupun waktu belajar yang padat membuat pikiran kita menjadi penat atau lelah, sehingga kita membutuhkan suatu penyegaran untuk menghibur diri sendiri yaitu dengan bermain permainan komputer. Permainan di masa sekarang juga mengalami perkembangan yang pesat, terutama pada jenis permainan Real Time Strategy (RTS), yaitu merupakan permainan yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya satu karakter saja, akan tetapi banyak karakter. Salah satu algoritma yang dapat digunakan dalam permainan RTS adalah mengimplementasikan algoritma flocking dan pathfinding. Algoritma flocking merupakan metode untuk meniru perilaku burung yang terbang secara berkelompok pada komputer untuk animasi, dan sekarang diadopsi untuk menggerakkan beberapa karakter dalam satu permainan secara berkelompok. Sedangkan algoritma patfinding merupakan algoritma yang digunakan terkhusus untuk permainan yang mencari jalur terpendek atau tercepat. Pada penelitian ini sistem dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0. Input data yang dibutuhkan program berupa titik koordinat awal mula, dan titik tujuan, serta map/peta yang disimpan dalam bentuk teks. Pengujian dilakukan dengan melakukan percobaan sebanyak minimal 30 kali terhadap simulasi permainan. Hasil pengujian persentase keberhasilan simulasi ini, dilihat dari banyaknya jumlah tentara yang berhasil mencapai tujuan dan dengan masing-masing biaya minimum yang telah ditempuh sampai dengan tujuan. Tingkat keberhasilan dan biaya minimum ditentukan oleh seberapa tinggi tingkat kesulitan halangan.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 23 Jun 2021 01:20
Last Modified: 23 Jun 2021 01:20
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4344

Actions (login required)

View Item View Item