DETEKSI KOMENTAR SPAM BAHASA INDONESIA PADA INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES DENGAN ENHANCED SMOOTHING

71120130, Samuel Andry Gunawan (2019) DETEKSI KOMENTAR SPAM BAHASA INDONESIA PADA INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES DENGAN ENHANCED SMOOTHING. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
71120130_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf - Published Version

Download (629kB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
71120130_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Instagram sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia merupakan wadah komunikasi digital terkini. Berbagai kalangan masyarakat seperti musisi dan artis memanfaatkan teknologi ini untuk berinteraksi dengan para pengikutnya. Namun menjamurnya komentar spam di setiap kiriman yang ada sangat mengganggu proses komunikasi yang sedang terjadi dan menyita waktu banyak orang. Chrismanto dan Lukito (2017) dalam penelitiannya yang berjudul Deteksi Komentar Spam Bahasa Indonesia Pada Instagram Menggunakan Naive Bayes telah membuktikan bahwa metode tersebut mampu menghasilkan tingkat akurasi sebesar 77,25%. Berdasarkan hasil yang didapat, dilakukan penelitian menggunakan data set yang sama untuk melihat hasil perbandingan tingkat akurasi yang didapat menggunakan metode Naive Bayes biasa terhadap metode Naive Bayes dengan Enhanced Smoothing. Teknik smoothing yang dilakukan akan menghilangkan kemungkinan zero probability yang ada dan berbagai macam prosedur yang dilakukan pada tahap preproses, pemilihan fitur, dan klasifikasi akan menghasilkan nilai akurasi yang lebih baik. Metode klasifikasi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup Metode Naive Bayes, Naive Bayes Laplace Smoothing, Naive Bayes Jelinek-Mercher Smoothing, Naive Bayes Jelinek-Mercer Enhanced Smoothing, Naive Bayes Dirichlet Smoothing, dan Naive Bayes Dirichlet Enhanced Smoothing. Hasil dari penelitian ini pun membuktikan bahwa metode Naive Bayes dengan Enhanced Smoothing mampu menghasilkan kenaikan tingkat akurasi sebesar 5%-10% dengan nilai akurasi tertinggi yang didapat adalah sebesar 90,55%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Naive Bayes, Naive Bayes Enhanced Smoothing, spam comment decection, Instagram, Indonesian spam detection
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Mr Yoshua Dwi Oktavianus Putra - Keluar
Date Deposited: 12 Nov 2020 08:21
Last Modified: 23 Jun 2021 01:59
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item