PROGRAM BANTU PENILAIAN BEBAN TUGAS MAHASISWA DENGAN LOGIKA FUZZY DAN FACTOR RATING METHOD STUDI KASUS : TUGAS MAHASISWA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA

72160003, Dimas Sanjaya (2020) PROGRAM BANTU PENILAIAN BEBAN TUGAS MAHASISWA DENGAN LOGIKA FUZZY DAN FACTOR RATING METHOD STUDI KASUS : TUGAS MAHASISWA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72160003_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72160003_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Program Studi Sistem Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (Prodi SI UKDW) belum memiliki layanan untuk mengukur bobot tugas mahasiswa sehingga dosen tidak mengetahui beban tugas setiap mahasiswa yang diampu. Akibatnya terjadi pemberian tugas secara bersamaan dengan bobot yang tinggi sehingga mahasiswa kesulitan dalam mengatur waktu pengerjaan tugas. Dalam penelitian ini dibuat program bantu penilaian beban tugas mahasiswa dengan tujuan memberikan informasi beban tugas mahasiswa setiap kelas sehingga dosen mampu memberikan tugas yang tepat. Metode yang digunakan adalah factor rating method digabungkan dengan logika fuzzy. Pengguna pada program ini adalah admin, dosen, mahasiswa, dan kaprodi. Admin dapat mengelola data pendukung untuk menghasilkan bobot tugas. Mahasiwa dapat melihat tingkatan beban tugas yang dimiliki secara real time. Dosen dan kaprodi dapat melihat tingkatan beban tugas mahasiswa dalam suatu kelas secara real time dan mempengaruhi bobot tugas. Dosen mempengaruhi bobot tugas dengan pengaturan nilai Capaian Pembelajaran (CPL) sedangkan kaprodi dengan pengaturan faktor rating dan domain fuzzy persentase nilai tugas. Kesimpulan yang didapat adalah gabungan logika fuzzy dan factor rating method dapat memberikan gambaran yang tepat tentang beban tugas mahasiswa. Dengan program ini dosen dan kaprodi sebagai pemangku kepentingan dalam pemberian tugas, dapat mengambil keputusan dengan tepat terhadap bobot tugas yang diberikan pada mahasiswa. Selain itu, program ini dapat menjadi pertimbangan bagi dosen dalam memberikan tugas baru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: SI UKDW, CPL, Beban Tugas Mahasiswa, Logika Fuzzy, Factor Rating Method
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: mr akira rafhael-off
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:40
Last Modified: 11 Jun 2021 02:19
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item View Item