HUBUNGAN POLA MAKAN ANAK DENGAN STATUS GIZI SISWA TK BOPKRI GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

41160082, Stefani Oktavia Sitompul (2020) HUBUNGAN POLA MAKAN ANAK DENGAN STATUS GIZI SISWA TK BOPKRI GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41160082_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41160082_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang : Malnutrisi pada anak masih menjadi permasalahan yang belum dapat tertangani sepenuhnya. Malnutrisi tersebut dapat dipengaruhi oleh asupan gizi yang dapat dilihat dari pola makan anak. Tujuan : Mengetahui hubungan antara pola makan anak TK dengan status gizinya. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan potong lintang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TK dan orang tuanya di TK BOPKRI Gondokusman Yogyakarta yang berjumlah 40 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa TK dan orang tuanya. Data didapatkan dari kuesioner dan perhitungan status gizi yang diukur dengan IMT/U. Hasil : Analisis uji statistika dengan menggunakan pearson correlation untuk bivariat didapatkan hubungan bermakna antara frekuensi makan anak dengan status gizi (p=0,029; R=0,40). Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan ibu dengan berat badan lahir (p=0,043; R=0,371). Kesimpulan : Terdapat hubungan pola makan anak dengan status gizi siswa TK BOPKRI Gondokusuman Yogyakarta yang dilihat dari frekuensi makan anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Pola Makan, frekuensi makan, jenis makanan
Subjects: R Kedokteran. Medis > RA Aspek Umum Kedokteran > RA0421 Kesehatan Publik. Kebersihan. Kedokteran Pencegahan
R Kedokteran. Medis > RJ Pediatri
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 19 Oct 2020 05:11
Last Modified: 08 Jun 2021 02:07
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4203

Actions (login required)

View Item View Item