PENERAPAN ALGORITMA GREEDY DALAM PERMAINAN HALMA

22053750, Kharis Handoko (2013) PENERAPAN ALGORITMA GREEDY DALAM PERMAINAN HALMA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22053750_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22053750_Bab2-sd-Bab4_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan buatan adalah kecerdasan dari mesin atau salah satu bidang ilmu komputer yang bertujuan untuk menciptakan kecerdasan tersebut. Salah satu bidang yang menggunakan kecerdasan buatan adalah permainan komputer. Permainan Halma adalah salah satu permainan komputer yang membutuhkan logika pemainnya untuk menyelesaikan permainan ini. Tujuan dari permainan ini adalah memindahkan bidak yang dimiliki menuju area tujuan lebih cepat dari lawan bermain. Sistem ini akan membantu komputer dalam pemilihan langkah-langkah yang dapat dilakukan di tiap gilirannya. Pemilihan langkah yang dilakukan oleh sistem menggunakan metode algoritma Greedy. Algoritma ini akan memilih langkah berdasarkan langkah terjauh yang dapat memberikan selisih jarak posisi awal dari goal dengan jarak posisi akhir dari goal terbesar di tiap giliran. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah program aplikasi dapat menyelesaikan permainan Halma dengan menggunakan algoritma Greedy. Walaupun algoritma Greedy selalu memberikan penyelesaian optimal lokal di tiap giliran, penyelesaian optimal global belum tentu didapatkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Greedy, Permainan Halma
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms Dominggas Yembise
Date Deposited: 17 Jun 2021 01:59
Last Modified: 17 Jun 2021 01:59
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3883

Actions (login required)

View Item View Item