11084712, KELVIN YOHANES (2012) PENGARUH EMOTIONAL BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MATIC HONDA VARIO (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA, YOGYAKARTA). Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Manajemen)
11084712_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Manajemen)
11084712_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Sebuah perusahaan yang sukses dalam jangka panjang dapat dilihat dari bagaimana cara yang digunakan untuk berhubungan dengan konsumen melalui emosi. Perusahaan yang membangun merek dari sisi emosi ataupun perasaan tentu akan lebih mudah dalam mendapatkan hati konsumen dan lebih mengena dibenak akan merek tersebut. Emosi tidak hanya sebatas dibangun oleh hubungan antara perusahaan dan konsumen semata, tapi lebih luas lagi dapat dicapai melalui pengalaman pancaindra, imajinasi, dan visi. Tetapi pada kenyataannya perusahaan semakin rendah dalam menilai sisi emosional konsumen. Padahal pada era globalisasi saat ini konsumen lebih pintar dalam memilih dan memutuskan untuk melakukan pembelian suatu produk. Konsumen yang membeli produk akan mengevaluasi kembali pengalaman yang diperoleh saat mengunjungi atau berbelanja disuatu tempat. Jika pengalaman konsumen yang didapatkan positif tidak menutup kemungkinan pembelian berulang suatu produk akan terulang lagi dan hal ini dapat meningkatkan citra perusahaan yang baik dimata konsumen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Kuesioner terdiri dari beberapa pernyataan mengenai profil responden, variabel emotional branding, dan kaitan antara keputusan pembelian dengan emotional branding. Dalam penyebaran kuesioner, responden atau sampel yang dibagikan kuesioner adalah mahasiswa yang menggunakan sepeda motor matic Honda Vario di Universitas Kristen Duta Wacana. Kuesioner dapat diukur dengan menggunakan skala likert. Responden menyatakan tingkat setuju atau tidak setuju mengenai berbagai pernyataan mengenai variabel emotional branding yang terdiri dari hubungan, pengalaman pancaindra, imajinasi, dan visi dengan pernyataaan variabel keputusan pembelian. Saat melakukan penyebaran kuesioner ternyata diperoleh 82 responden. Setelah itu, data diolah menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian, data diolah dengan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel hubungan, pengalaman pancaindra, imajinasi dan visi terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel hubungan, imajinasi, dan visi terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel pengalaman pancaindra tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini disebabkan karena pengalaman pancaindra yang diberikan oleh perusahaan seperti variasi warna sepeda motor Honda Vario, tempat duduk sepeda motor Honda Vario , dan kehalusan bunyi mesin sepeda motor Honda Vario tidak sesuai dengan selera konsumen. Perusahaan harus lebih banyak berbenah dari segi emosi konsumen khususnya pengalaman pancaindra.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | emotional branding, keputusan pembelian |
Subjects: | H Ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) H Ilmu Sosial > Teori Ekonomi H Ilmu Sosial > Perdagangan H Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Ms Lea Destiany |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 04:25 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 04:25 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3865 |
Actions (login required)
View Item |