ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI AGUNG SWALAYAN KRETEK BANTUL

11084684, ADI SUSANTO (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI AGUNG SWALAYAN KRETEK BANTUL. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11084684_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11084684_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan di bidang perekonomian selama ini telah banyak membawa akibat perkembangan yang pesat dalam bidang usaha. Sejalan dengan itu banyak bermunculan perusahaan dagang yang bergerak dibidang perdagangan eceran yang berbentuk toko, minimarket, toserba (departmen store), pasar swalayan (supermarket) dan lain-lain. Hal ini menimbulkan persaingan di antara perusahaan tersebut. Untuk memenangkan persaingan, mereka (perusahaan) memanfaatkan peluang bisnis yang ada dan berusaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat dalam rangka untuk menguasai pasar. Berorientasi pada faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk berbelanja juga menjadi hal yang sangat penting bagi retailer, karena faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk berbelanja menjadi kunci suatu perusahaan untuk tetap ada dan memiliki konsumen yang loyal. Salah satu porsi terbesar yang berperan dalam mempengaruhi konsumen untuk berbelanja adalah produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Atas dasar ini dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini dapat diarahkan dengan mengambil judul “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI AGUNG SWALAYAN KRETEK BANTUL”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion) secara simultan/bersama-sama dan secara parsial/terpisah berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Untuk membuktikan hipotesis yang ada pada penelitian ini, maka digunakan alat analisis prosentase dan alat regresi linier berganda dengan mengunakan uji signifikansi (uji t dan uji F). Analisis prosentase berguna untuk mengetahui karakteristik responden. Alat analisis regresi linier berganda dengan mengunakan uji signifikansi (uji t dan uji F) berguna untuk mengetahui hubungan pengaruh faktor produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion) secara simultan/ bersama-sama dan secara parsial/terpisah terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen yaitu produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion) secara simultan/ bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian. Secara parsial/terpisah, faktor produk berpengaruh signifikan dan dominan terhadap keputusan pembelian, faktor harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, faktor tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan faktor promosi juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: keputusan pembelian, produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), regresi linier berganda, prosentase.
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh > HD28 Manajemen. Manajemen Industri
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:07
Last Modified: 16 Sep 2020 04:07
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3859

Actions (login required)

View Item View Item